28.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Disdukcapil Banda Aceh Berikan Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

BANDA ACEH | ACEH INFO – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh gencar memberikan pelayanan jemput bola ke dinas-dinas untuk mengaktivasi aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada para Aparatur Sipil Negara.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Banda Aceh, Emila Sovayana, saat memantau pelaksanaan pelayanan jemput bola di Aula Tekkomdik Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Rabu, 17 Mei 2023.

Emila mengatakan saat ini pihaknya terus memberikan layanan jemput bola langsung ke dinas-dinas untuk mencapai angka 25 persen dari wajib KTP Kota Banda Aceh.

Tidak hanya itu, kata Emila pihaknya gencar memberikan pelayanan aktivasi aplikasi IKD ini untuk kemudahan bagi masyarakat, diawali dari ASN sesuai dengan surat dari Dirjen Dukcapil Kemendagri

“Selain dari Dinas Pendidikan sebelumnya kita juga sudah memberikan pelayanan aktivasi aplikasi IKD ke dinas lain seperti Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh, BKPSDM, Bappeda, Diskominfotik , BPKK dan lain-lain,” kata Emila.

Kata Emila aplikasi IKD ini memberikan kemudahan bagi masyarakat karena identitas kependudukannya ada dalam genggamannya masing-masing.

“Misalnya warga mau berobat tapi lupa membawa BPJS jadi tidak perlu lagi pulang ke rumah untuk mengambil karena sudah ada di smartphonenya,” katanya.

Oleh karena itu, Emila mengajak masyarakat yang sudah memiliki KTP untuk mengaktivasi IKD nya ke Kantor Disdukcapil Kota Banda Aceh atau ke MPP Kota Banda Aceh

Terlebih, Emila menambahkan MPP Kota Banda Aceh menjadi pilot projek untuk menerapkan MPP Digital sehingga yang dapat mengakses MPP digital tersebut hanya mereka yang sudah memiliki IKD.

“Karena terkoneksi antara data kependudukan dengan data perizinan dan data lainnya,” pungkas Emila.

Pada aktivasi aplikasi IKD ini Kabid Pengelola Infomasi Adm Kependudukan dan petugas Disdukcapil Banda Aceh mengaktivasi bagi para Guru SD, SMP dan pegawai Disdikbud Kota Banda Aceh.[]

Editor : Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS