27 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ganjar Dapat Gelar Kehormatan Teuku di Aceh 

LHOKSEUMAWE I ACEH INFO – Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo, berkunjung ke Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (9/4/2022).

Ganjar Dapat Gelar Kehormatan Teuku Di Aceh 
Gubernur jawa tengah, h ganjar pranowo, mendapat gelar kehormatan teuku saat berkunjung ke lhokseumawe, aceh, sabtu (9/4/2022).

Dalam kunjungannya ke Bumi Serambi Mekkah, Ganjar diberi gelar kehormatan Teuku oleh masyarakat Aceh.

Pemberian gelar dilakukan oleh Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Lhokseumawe, M Jalil Hasan, di rumah Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Prof. Dr. Herman Fithra, di Lhokseumawe.

Ketua MAA Kota Lhokseumawe, M Jalil Hasan menyematkan kopiah meukeutob dan rencong kepada Ganjar.

M Jalil Hasan mengatakan, dalam adat Aceh, ritual ini dinamakan peusijuek (teoung tawar). Ritual peusijuek dilakukan masyarakat Aceh ketika kedatangan tamu agung atau tokoh-tokoh yang dinilai berjasa dalam memajukan bangsa.

Artinya, tidak semua tamu bisa mendapat gelar ini. Pemberian gelar Teuku kepada Ganjar telah melalui proses rembuk sebelumnya.

“Kami dengan Ketua MAA Kota Lhokseumawe, kita berembuk memberi gelar kepada bapak Ganjar, kita melihat sepak terjang beliau dalam membangun Indonesia khususnya Jawa Tengah,” ujar Rektor Unimal, Prof. Dr. Herman Fithra.

Dikatakan Herman, pada zaman penjajahan, rencong yang digunakan dalam ritual peusijuek diartikan sebagai bentuk perlawanan terhadap Belanda.

Namun, lanjut Herman, pemberian rencong kepada Ganjar ini bisa dimaknai sebagai bentuk semangat Ganjar dalam membangun Indonesia, khususnya dalam memimpin Jawa Tengah.

“Walaupun dengan rencong yang kecil itu punya semangat yang besar untuk mengusir penjajah. Artinya hari ini diartikan semangat yang besar untuk membangun bangsa ini, memberantas kemiskinan di Indonesia. Kita percaya dengan kemampuan beliau, itu bisa diwujudkan nantinya,” ungkap Herman.

Disamping itu, Herman menilai Ganjar sebagai sosok pemimpin yang memiliki kedekatan dengan semua golongan tanpa memandang status sosial. “Jarang ada tokoh bangsa yang seperti Ganjar,” pungkas Herman Fithra.

 

 

spot_img
Kontributor :Rilis

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS