28.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Hardiknas, Senator Aceh: Sekarang Saatnya Fokus pada Peningkatan SDM Guru dan Siswa

BANDA ACEH | ACEHINFO – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, berharap mutu pendidikan bisa berkembang secara merata di seluruh daerah dalam provinsi Aceh.

Menurutnya, pendidikan adalah investasi paling penting bagi generasi muda Aceh di masa yang akan datang. Namun yang terjadi selama ini, adanya ketimpangan antara daerah perkotaan dengan pedalaman di Aceh. Antara sekolah formal dengan non formal.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini dalam rangka memperingati momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa 2 Mei 2023.

“Harus kita akui, persoalan pendidikan di Aceh itu relative komplit dibanding dengan daerah lain. Maka salah satu solusinya, adalah investasi pendidikan bagi seluruh anak-anak di Aceh. Sehingga di masa depan, anak anak Aceh memiliki kesempatan yang sama untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain,” ujar senator yang memiliki puluhan anak asuh di Aceh ini.

“Kita konflik hampir 32 tahun. Usai damai dan tsunami, pemerintah jangan hanya fokus pada pembangunan gedung atau fisik dan ini sudah berjalan hampir 18 tahun. Mungkin sekarang saatnya peningkatan SDM guru dan siswa menjadi prioritas.”

“Untuk kedepan, perlu mengembalikan lembaga khusus yg mengelola beasiswa seperti Komisi Bea siswa KBA) atau LPSDM (Lembaga Peningkatan SDM). Tidak seperti sekarang pengelolaan beasiswa”dilebur” Ke BPSDM. Dan alokasi anggaran juga sangat menurun, termasuk beasiswa bagi santri yang mondok di dayah-dayah, yg ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi” kata sahabat Ustadz Abdul Somad (UAS) ini lagi.

Menurut anggota Komite III DPD RI ini, beasiswa santri usia wajib sekolah merupakan bagian dari mendorong generasi berkarakter untuk Aceh di masa depan.

“Santri yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar daerah, idealnya dibantu sebagai bagian daripada peningkatan kualitas penerapan syariat islam di Aceh.

“Bicara Aceh itu, islami. Maka karakter ini harus melekat pada diri anak-anak Aceh. Saat ini banyak santri dan siswa berprestasi namun memiliki masalah finasial karena datang dari keluarga kurang mampu. Mereka memiliki mimpi besar untuk masa depan. Mereka ini perlu dibantu oleh pemerintah secara menyeluruh. Smg tidak hanya sekedar harapan,” kata senator muda yang dikenal vocal bersuara di Senayan ini lagi.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS