31.3 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Imunisasi Anak Aceh Terendah di Indonesia

LHOKSUKON | ACEH INFO – Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Provinsi Aceh merupakan yang terendah di Indonesia. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Aceh tahun 2021, IDL di Aceh baru 43% jauh dari target nasional yaitu sebesar 93.6%.

Hal itu terungkap pada acara pencanangan Bulan Imunisasi Nasional tingkat Provinsi Aceh di Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda (Dayah Abu Paloh Gadeng) Kabupaten Aceh Utara, Kamis, 19 Mei 2022.

Sekretaris Daerah Aceh, dr Taqwallah, M.Kes yang hadir pada acara tersebut dalam sambutannya menjelaskan, selama tahun terakhir jumlah anak yang tidak diimunisasi dasar lengkap berjumlah 179.874 anak. Jumlah yang tidak sedikit itu jika terus dibiarkan dapat menyebabkan timbulnya wabah Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) seperti difteri, campak (peunyaket pru/mangat), rubella, pertusis, polio (lumpuh layu), hepatitis, radang selaput otak (meningitis), dan lain-lain.

“Ini merupakan tantangan besar di Aceh, bahkan dampaknya juga tidak kalah berbahaya dibandingkan Covid-19. Akibat kelalaian orangtua yang tidak memberikan imunisasi, anak dapat menjadi lumpuh layu akibat virus polio, mengalami komplikasi campak, batuk 100 hari, atau terinfeksi difteri yang dapat mematikan,” ungkap Taqwallah.

Dampak dari turunnya cakupan imunisasi di Aceh telah menyebabkan merebaknya kasus campak yang terjadi di beberapa kabupaten/kota di Aceh, yang hingga minggu ke-13 tahun 2022 mencapai 252 kasus. Selain itu juga ditemukan 17 kasus rubella, 8 kasus pertusis dan 17 kasus difteri, dan bahkan ada anak yang meninggal dunia akibat pertusis dan difteri. Dari seluruh kasus yang tercatat, sebagian besar tidak diimunisasi lengkap atau tidak diimunisasi sama sekali.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin menyampaikan, Aceh Utara juga mengalami wabah PD3I akibat turunnya cakupan imunisasi, terutama disebabkan penolakan orangtua terhadap imunisasi, Karena itu ia mengajak semua pihak untuk bahu-membahu menyukseskan imunisasi anak.

Sementara itu Tgk. Zunuanis, Pimpinan Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda, yang menyampaikan tausiah pada acara tersebut menekankan imunisasi sebagai suatu bentuk pencegahan untuk memberi kekebalan dalam tubuh. “Kami sebagai keluarga besar Dayah Madinatuddiniyah sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pemerintah,” tegasnya.[]

PEWARTA    : —

EDITOR         : ISKANDAR NORMAN

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS