26.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Indonesia Kecam Serangan Israel ke Masjid Al Aqsa

BANDA ACEH | ACEH INFO – Indonesia mengecam keras aksi kekerasan bersenjata aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina di komplek Masjid Al Aqsa, Jumat, 15 April 2022. Serangan itu mengakibatkan puluhan warga Palestina yang hendak melaksanakan salat Subuh berjamaah luka-luka.

Kecaman tersebut dikeluarkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI melalui akun twitter, Sabtu, 16 April 2022.

“Tindakan kekerasan terhadap warga sipil tersebut tidak dapat dibenarkan dan harus segera dihentikan, apalagi dilakukan di tempat ibadah Masjid Al Aqsa di bulan suci Ramadan,” bunyi kecaman tersebut.

Sebelumnya diberitakan, pasukan Israel menyerang Masjid Al Aqsa menjelang salat Subuh, Jumat, 15 April 2022. Bentrokan pecah dan menyebabkan sekitar 90 warga Palestina luka-luka.

Informasi dari pengelola Masjid Al Aqsa, Wakaf Islam menyebutkan, pasukan Israel mulai memasuki kompleks suci ketiga umat Islam itu kala ribuan warga hendak menunaikan salat Subuh. Sementara menurut otoritas Israel, pasukannya memasuki kompleks Al Aqsa untuk mengangkut batu-batu yang telah dikumpulkan guna mengantisipasi kekerasan.

Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, warga Palestina melemparkan batu ke arah pasukan keamanan Israel. Pasukan Israel membalasnya dengan menembakkan gas air mata dan granat kejut. Sebagian warga berlari memasuki masjid.

Bulan Sabit Merah Palestina menyebutkan sebanyak 90 warga warga terluka dan telah dibawa ke rumah sakit. Wakaf Islam mengungkapkan, salah satu penjaga Masjid Al-Aqsa turut tertembak peluru karet di bagian mata.

Saat ini memang tengah terjadi ketegangan di wilayah Palestina yang diduduki. Hal itu menyusul adanya serangkaian serangan yang menargetkan warga Israel dalam beberapa pekan terakhir. Sejauh ini setidaknya 15 warga Israel dilaporkan tewas akibat serangan-serangan tersebut.

Pasukan Israel kemudian melakukan gelombang penangkapan dan operasi militer di wilayah Tepi Barat. Warga Palestina melakukan perlawanan dan akhirnya terlibat bentrok. Sejak Rabu hingga Jumat, setidaknya tujuh warga Palestina sudah dilaporkan tewas akibat serangan pasukan Israel.

Palestina menyerukan masyarakat internasional untuk segera melakukan intervensi guna menghentikan tindakan agresif Israel.

Juru bicara kepresidenan Palestina Nabil Abu Rudeineh secara khusus menyoroti aksi pendobrakan aula al-Qibli, satu dari tujuh masjid yang berada di kompleks Al-Aqsa.

“Ini tindakan serius, tindakan penistaan, dan sama saja dengan mendeklarasikan perang terhadap rakyat kami Palestina,” ucapnya, dikutip laman kantor berita Palestina, WAFA.

Dia pun menyoroti aksi pemukulan jamaah Muslim warga Palestina saat pasukan Israel menyerbu aula utama di Masjid Al-Aqsa. Foto yang beredar memperlihatkan warga Palestina tertidur telungkup di atas karpet masjid dengan tangan terikat ke belakang.

“Intervensi segera oleh komunitas internasional diperlukan untuk menghentikan agresi Israel terhadap Masjid Al-Aqsa dan mencegah hal-hal di luar kendali,” ujar Abu Rudeineh.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI