28 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Ini Daftar Sirup Obat Aman Digunakan Sepanjang Sesuai Aturan Pakai

BANDA ACEH | ACEH INFO – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia merilis daftar tujuh obat sirup yang aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai. Hasil tersebut diumumkan setelah BPOM melakukan penelusuran data registrasi untuk memastikan kandungan bahan yang digunakan pada 102 produk obat, yang beredar di Indonesia.

“Tujuh produk telah dilakukan pengujian dengan hasil dinyatakan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai,” tulis Kepala BPOM RI, Dr Penny K Lukito, MCP, dalam siaran pers, Minggu, 23 Oktober 2022.

Ketujuh produk tersebut yaitu obat batuk Ambroxol HCI (sirup) pemilik izin edar Kimia Farma, obat batuk dan flu Anakonidin OBH (sirup) pemilik izin edar Konimex, dan obat alergi Cetrizin (sirup) pemilik izin edar Sampharindo Perdana.

Selanjutnya obat penurun panas Paracetamol sirup pemilik izin edar Mersifarma TM, Paracetamol sirup pemilik izin edar Kimia Farma, dan Paracetamol sirup serta Paracetamol (drops) pemilik izin edar Afi Farma juga disebutkan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai.

Baca: BPOM Pastikan Tiga Produk Obat Sirup Miliki Kandungan Berbahaya

Selain tujuh produk tersebut, BPOM juga merilis 23 obat sirup dan drops yang aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai. Ke 23 produk obat tersebut berdasarkan hasil registrasi data BPOM, tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbifol, dan gliserin/gliserol.

Berikut daftarnya:

Ini Daftar Sirup Obat Aman Digunakan Sepanjang Sesuai Aturan Pakai
Sumber: bpom ri

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI