26.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Irjen Kemenag Ajak Sivitas Akademika IAIN Langsa Wujudkan Good University Governance

LANGSA | ACEH INFO – Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama Republik Indonesia, H Faisal Ali Hasyim, mengajak sivitas akademika Institut Agama Islam Negeri Langsa dapat mewujudkan Good University Governance.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan pembinaan pegawai di lingkungan IAIN Langsa yang berlangsung di aula Laboratorium Terpadu kampus setempat, Jum’at, 24 November 2023.

Pria kelahiran Aceh ini menyebutkan, ada tujuh tahapan yang harus dilakukan untuk mewujudkan capaian tersebut, yaitu transparan. Transparansi merupakan bentuk keterbukaan yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintah guna memebrikan informasi kepada pihak yang membutuhkan informasi.

Kemudian, akuntabel yaitu pertanggungjawaban atas pengelolaan sumber daya dalam pelaksanaan kebijakan yang mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

“Semuanya harus bisa dipertanggung jawabkan,” imbuhnya.

Selanjutnya diperlukan responsibilty, yaitu tanggung jawab, bagaimana kemampuan seseorang untuk memberikan jawaban atas suatu pekerjaan yang telah dikerjakan.

Sambung Irjen, dalam mewujudkan good university governance dibutukan sikap Independensi, sebagai pimpinan harus independen, hal ini sangat penting dilakukan sehingga sebagai pengelola perguruan tinggi kita bisa terlepas dari konflik kepentingan.

Pejabat Eselon I Kementerian Agama ini menjelaskan, diperlukannya Fairness, yaitu keadilan, tidak ada perlakuan yang berbeda kepada para pegawai.

Selanjutnya, penjaminan mutu dan relevansi, efektifitas dan efesiensi serta nirlaba.”Orientasi kita harus non profit, mari kita laksanakan dengan penuh keikhlasan, semoga menjadi ladang ama bagi kita,”ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Faisal, perlunya pengawasan internal mulai dari tingkat bawah sampai tingkat atas.

“Pengawasan internal ini harus mampu mencegah potensi terjadinya penyimpangan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Rektor IAIN Langsa Prof Ismail Fahmi Arrauf Nasution, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Irjen Kemenag Republik Indonesia, mengingat disela-sela kesibukannya dapat meluangkan hadir ke IAIN Langsa.

“Banyak Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri lainnya yang belum dikunjungi oleh bapak Irjen,” ungkap rektor.

“Dengan kehadiran Irjen, rektor berharap, IAIN Langsa mendapatkan pencerahan terkait dengan pembinaan pegawai di IAIN Langsa, Sehingga cita – cita IAIN Langsa menjad kampus unggul dapat tercapai,” pungkasnya. []

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI