27.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Istana Anggarkan Rp 7,9 Miliar Beli Empat Mobil Baru

JAKARTA | ACEH INFO – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) akan membeli empat mobil baru berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) serta commuter untuk keperluan Istana Kepresidenan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan mobil terkait nantinya ditujukan untuk kegiatan kenegaraan, seperti digunakan tamu-tamu negara saat berkunjung ke Tanah Air.

Meski masih enggan menyebutkan secara rinci produknya, anggaran yang telah dirumuskan untuk pengadaan kendaraan ini sebesar Rp 7,9 miliar, setelah dikoreksi dari Rp 8,3 miliar. Anggaran berasal dari APBN 2022.

“Jadi hanya membeli empat saja, jadi bukan 36 diganti ya. Hanya punya anggaran (untuk beli) empat unit,” kata dia, Selasa (8/2/2022).

“Pengadaan kendaraan ini adalah untuk kegiatan kenegaraan dan tamu-tamu negara,” lanjut Heru.

Menurutnya pengadaan mobil baru di lingkungan Istana Kepresidenan ini sudah melalui proses kajian secara mendalam yang disusun bersama-sama dengan Biro Umum, Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Wakil Presiden.

Kemudian, sudah disepakati pula proses pengadaannya yang dilakukan secara bertahap mulai periode 2019-2024.

“Jadi memang untuk anggaran juga sudah direncanakan sejak awal. Di samping itu, beberapa unit kendaraan yang diadakan merupakan peremajaan kendaraan yang telah dihapuskan pada 2021 ini,” ujarnya.

Heru pun menjelaskan mengapa pemerintah tidak menyewa mobil saja apabila untuk keperluan para tamu negara. Menurut dia, ada pertimbangan pelayanan dan keamanan.

“Kadang-kadang kalau kita sewa kan waktunya mepet, lalu pelayanan tidak maksimal. Terus kalau tamu negara itu harus benar-benar safety kan, harus diteliti,” ujarnya.

“Tentunya kami juga menerima dan mempertimbangkan masukan apabila anggaran ini direalokasikan untuk kepentingan yang lebih prioritas/mendesak,” kata Heru lagi.

Adapun dalam laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan, pemenang tender pengadaan barang adalah PT Satria Internusa Perkasa.

Berlokasi di Pancoran Mas, Depok, harga penawarannya sebesar Rp 7,9 miliar. Kontrak pengadaan telah ditandatangani pada 4 Februari 2022.[]

spot_img
Kontributor :Kompas.com

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS