25.9 C
Banda Aceh

TERKINI

spot_img

POPULER

Jaksa Masuk Dayah, Kejati Aceh Minta Santri Hati-hati Gunakan Medsos

LANGSA | ACEH INFO – Kejaksaan Tinggi Aceh bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh dan PT Bank Aceh Syariah melakukan program Jaksa Masuk Dayah di Dayah Hiyadhul Ulum Al Aziziyah Langsa, Jumat, 6 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memberitahukan kepada santri tentang penyuluhan hukum dan edukasi serta inklusi keuangan kepada santri.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis, menyampaikan, bahwa kegiatan Jaksa Masuk Dayah ini dilaksanakan agar tidak terjadi pelanggaran hukum di lingkungan dayah.

Selain itu juga, agar para santri lebih dekat mengenal Jaksa, apa tugasnya dan sejauh mana perannya dalam melakukan proses-proses hukum terhadap satu perkara.

Ali Rasab Lubis meminta kepada santri dan santriwati untuk berhati-hati menggunakan media sosial. Jangan sembarangan memnagikan suatu informasi jika belum mengetahui pasti kebenarannya.

“Para santri dan santriwati harus bijak menggunakan media sosial. Pastikan dahulu kebenarannya, jangan sampai nanti terkena Undang-indang Informasi dan Transaksi Elektornik,” ujarnya.

Kemudian, santri dan santriwati dilarang melakukan kekerasan fisik maupun lisan, pencurian, menyalahgunakan narkoba dan hal-hal lain yang sifatnya melanggar hukum.

Ia juga meminta kepada santri untuk tidak melakukan perundungan atau bullying yang selama ini kerap terjadi di lembaga pendidikan seperti dayah maupun sekolah umum.

“Perundungan harus dicegah karena perbuatan itu melanggar hukum,” ujar Ali Rasab Lubis.

Ali Rasab juga mengingatkan para santri tidak melakukan perbuatannya melawan hukum seperti kejahatan di antaranya kekerasan dan penganiayaan, pencurian, serta tindak pidana lainnya.

“Kami berharap sosialisasi program jaksa masuk desa memberi pemahaman tentang hukum kepada pada santri, sehingga mereka terhindar dari perilaku melanggar hukum,” pungkas Ali Rasab Lubis.

Kegiatan Jaksa Masuk Dayah itu dihadiri Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Langsa, TM Andika Putra, Pimpinan Dayah Hiyadhul Ulum Al Aziziyah Langsa, Tgk Muhammad Yusuf Achmad, Kasi Intel Kejari Langsa, Syahril, Kasie Bimbingan dan Pengasuhan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Syarifuddin dan perwakilan dari Dinas Syariat Islam Langsa.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img