26.9 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Jelang Ramadan, Warga Aceh Gelar Kenduri Jeurat di Parung Bogor

BOGOR | ACEH INFO – Menjelang bulan suci Ramadan 144 H, warga Aceh yang tergabung dalam organisasi Taman Iskandar Muda (TIM) Cabang Matraman Jakarta Timur mengadakan Kenduri Jeurat di Parung Bogor, Minggu, 19 Maret 2023.

TIM Cabang Matraman mengadakan Kenduri jeurat (makam) setiap tahun menjelang bulan Ramadan. Kegiatan ini terhenti selama Covid-19 dan berlanjut lagi pada 2023.

Sekitar 100 warga TIM Cabang Matraman hadir pada Kenduri Jeurat dengan berdoa di makam orangtua, anak, kakek, nenek, dan sebagainya. Lokasi makam ini sekitar 60 km dari Matraman yang bisa ditempuh sekitar 1-2 jam.

“Kenduri Jeurat ini adalah tradisi kita yang sudah lama dilaksanakan. Sekitar seratusan warga Aceh yang bernaung di TIM Cabang Matraman dan Warga RW 03 Palmeriam Matraman hadir di sini mengirim doa kepada mereka yang sudah duluan berpulang ke Rahmatullah,” kata Ketua TIM Cabang Matraman Jakarta Timur, Lukman.

Lukman menyebutkan melalui Kenduri Jeurat ini, sesama warga bisa menziarahi makam orang yang mereka sayangi secara bersama-sama di lahan seluas sekitar 700 meter persegi.

“Acara yang penuh hikmah ini diawali dengan menikmati sajian kuah daging kambing, kuah daging lembu dan lain-lain yang dimasak oleh koki terkenal. Sekadar catatan koki TIM Cabang Matraman menjadi juara pertama dalam Festival Kuah Beulanggong yang diadakan di Sentul beberapa bulan lalu,” terangnya.

Acara itu dihadiri oleh sesepuh TIM Cabang Matraman, Sofyan Daud dan tamu undangan lainnya.[]

Editor : Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI