26.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Kata Ketua PMI Banda Aceh Terkait Pengiriman Darah ke Tangerang

BANDA ACEH | ACEH INFO – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh, Dedi Sumardi Nurdin menyayangkan isu “penyelundupan” darah ke Tangerang. Dia menyebut apa yang disampaikan Sekretaris PMI Kota Banda Aceh Syukran Aldiansyah tanpa adanya konfirmasi kepadanya.

“Sebenarnya ini cuma kesalahpahaman saja,” kata Dedi dalam konferensi pers yang digelar di Aula PMI Kota Banda Aceh, Kamis, 12 Mei 2022.

Menurut Dedi ketidaktahuan beberapa pengurus tentang pengiriman darah ke Tangerang lantaran sudah dua bulan terakhir tidak pernah hadir ke PMI Kota Banda Aceh. Padahal Dedi telah mengundang mereka untuk datang ke kantor relawan tersebut.

“Jadi jelas pernyataan mereka itu tidak benar menyangkut masalah darah ini,” kata Dedi.

Sebelumnya beberapa pengurus PMI Kota Banda Aceh mengungkap adanya pengiriman stok darah ke Tangerang selama beberapa bulan terakhir. Darah itu dijual seharga Rp300 ribu per kantong, di bawah aturan Pergub.

Baca: Kisruh Pengiriman Darah Keluar Aceh

Dalam konferensi pers di Aula PMI Kota Banda Aceh tersebut ikut serta menemani Dedi Kepala Unit Donor Darah (UDD) Ratna Sari Dewi. Dia menyampaikan tahun 2018 lalu PMI Banda Aceh sempat kekurangan stok darah.

“Kita meminta bantuan ke Tangerang ratusan kantong darah. Sementara ini kita kelebihan stok darah di Aceh, itu sudah kita tanyakan ke UTD Langsa, Pidie dan Aceh Utara, mereka menyampaikan sementara ini mereka berkecukupan stok darahnya,” kata Ratna.

Baca: Stok Darah Aceh Utara Kritis, PMI Ketuk Hati Masyarakat Untuk Donor

Dikarenakan masa simpan darah yang tidak lama, makanya menurut Ratna, PMI Banda Aceh memberikan darah tersebut ke Tanggerang.

Dedi lebih lanjut mengaku perlu mengklarifikasi kabar penjualan darah ke Tanggerang tersebut, agar masyarakat tidak jadi korban dari isu yang beredar.

“Hari ini yang sangat disayangkan masyarakat yang mebutuhkan darah, jadi kepercayaan masyarakat berkurang. Sedangkan kebutuhan (darah) terus ada, apa yang harus kita lakukan?”[]

PEWARTA: CUT PUTROE
EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI