28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Keubitbit, Band Etnic Asal Aceh Gemparkan Festival Jazz Dunia di Rusia

JAKARTA | ACEH INFO  – Tepuk tangan meriah mengiringi sepanjang penampilan lagu ‘Tarek Pukat’ yang dibawakan secara apik oleh group musik entik kontemporer asal Aceh, Keubitbit, pada sabtu 12 Maret 2023, waktu setempat.

Grup Band yang dipimpin Safrullah itu, berada di rusia pada 6 – 14 Maret 2023 dalam rangka memenuhi undangan workshop musik etnik modern, melalui kegiatan 23rd International Festival The Triumph of Jazz di kota Moskow, Rusia.

Konser paling bergengsi di Rusia, International House of Music dimulai setiap pukul 07.00 malam waktu setempat, Keubitbit sempat tampil satu panggung dengan group musik ternama dunia Igor Butman and the Moscow Jazz Orchestra.

Menurut Safrullah, energi yang luar biasa dari penonton itu membuat kelompok yang mengusung World/Jazz makin meningkatkan tempo, saat lagu ‘Malahayati’ menjadi puncak penampilan mereka yang ditonton lebih dari 1400 orang.

“Tepuk tangan panjang membahana saat mereka menyelesaikan lagu ini” ujar pria yang akrab disapa Alol

Selama di Rusia, Keubitbit membuat ribuan orang berdecak kagum melihat musik khas Aceh yang ikonik itu, misalnya saat tampil di Sirius Jazz Days 2023 yang berlokasi di Sirius Park of Science and Art, kota Sochi, sekitar empat jam penerbangan ke selatan Moskow, merupakan lokasi Olimpiade musim dingin tahun 2014 silam

Workshop musik etnik modern dan performance Band Keubitbit bertujuan mempromosikan Aceh kepada dunia, melalui syair tutur dipadukan dengan unsur musik modern.

Selain memenuhi undangan festival jazz dunia itu, Keubitbit juga di memberi workshop di ISAA (Institute of Asia and Africa of Moscow State University) bersama KBRI Rusia, Dubes Jose Tavares, Direktur ISAA Prof. Aleksey Maslov Kepala Perpustakaan Asia Timur Marina Melyinadan beserta puluhan mahasiswa Rusia dan Indonesia.

Perjalanan Band Keubitbit ke Rusia, disponsori oleh sejumlah perusahaan BUMN melalui anggota komisi VI DPR RI asal Aceh Rafli, di dukung penuh oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow.

Sebelum bertolak Kembali ke tanah air pada 14 Maret 2023, Keubitbit workshop di Moscow State Tchaikovsky Conservatory pada tanggal 13 Maret 2023.

Membawakan musik berlatar Aceh, anggota Band Keubitbit ke Rusia terdiri dari Safrullah (Electric Bass & Lead Vocal), Indra Fahmi Hakim (Drum), Indra Maulana (Rapai & Gendrang), Fahmil Arabi (Backing Vocal), Trio Ananda Bagus Prakoso (Saxophone) dan Syaifil Faurizal (Acoustic Guitar), serta didampingi Agus Setiawan Basuni dari Warta Jazz Agency sebagai Road Manager. mendapatkan kesempatan tampil membawakan lima buah komposisi yaitu Pemulia Jamee, Hembala, Eu Mak Eu, Tarek Pukat dan dipungkasi dengan Malahayati.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS