28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Lagi, Satpol PP WH Gerebek Warung Makan Buka Pagi Hari di Bulan Ramadan

LANGSA | ACEH INFO – Satpol PP dan WH Langsa melakukan penggerebekan terhadap sebuah warung makan tepatnya di belakang Toko Segar, Gampong Peukan Langsa, Kecamatan Langsa Kota.

Penggerebekan itu dikarenakan, warung makan milik warga Tionghua itu buka pagi hari saat bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah, Rabu, 19 April 2023.

Kabid Linmas pada Satpol PP dan WH Kota Langsa, Rizky Julianda, mengatakan, penggerebekan itu berawal adanya informasi bahwa ada warga Tionghoa yang memperjual belikan makanan dipagi hari di daerah toko belakang, tepatnya di belakang Toko Segar.

Mendapat informasi itu, kata Rizky, ia bersama petugas langsung bergerak ke lokasi di belakang Toko Segar untuk melakukan pengamanan kepada warga Tionghoa yang membuka usaha warung makan di pagi hari.

Baca juga: Buka Siang Hari di Bulan Ramadan, WH Langsa Gerebek Warung Sop di Asam Peutik

“Petugas mendapati warga tionghoa yang sedang asik makan dikursi yang disediakan oleh penjual makanan di warung tersebut, bahkan juga ada warga muslim yang kedapatan membeli di saat bersamaan,” ujarnya.

Kejadian ini sudah melanggar Qanun Aceh Nomor: 11 tahun 2022 tentang Pelaksanaan Syariat Islam bidang Aqidah, Ibadah dan Syiar Islam.

Selanjutnya, pemilik warung dan pekerjanya di gelandang ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan dan pembinaan lanjutan bersama dengan Geuchik Gampong Pekan Langsa serta Ketua Paguyuban Warga Tionghoa.

Sesuai hasil rembuk bersama maka diputuskan beberapa sanksi kepada penjual makanan, yaitu, usahanya ditutup selama 20 hari, sejak tgl 26 April 2023 sampai selesai.

Wajib mengikuti ibadah sesuai kayakinannya selama tiga bulan di tempat ibadah masing masing.Wajib melapor ke Satpol PP WH setiap akhir bulan selama tiga bulan. Jika pelanggaran diulangi maka pelaku siap diberi sanksi sesuai dengan qanun, hukum dan atau peraturan yang berlaku.

“Dengan adanya kejadian ini, kita berharap ada efek jera kepada siapapun yang melanggar Syariat Islam, sehingga umat Islam di Kota Langsa aman dan nyaman dalam menjalankan Ibadah puasa hingga hari Raya Idul Fitri,” tegas Rizky.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS