25.4 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Longsor Sempat Tutupi Jalan Lubuk Sidup Aceh Tamiang

spot_img

BANDA ACEH | ACEH INFO – Hujan dengan intensitas tinggi sempat memicu longsor di Jalan Lubuk Sidup-Tanjung Gelumpang, Aceh Tamiang, Senin, 19 Desember 2022. Akibatnya ruas jalan tersebut sempat tidak bisa dilalui beberapa saat oleh para pelintas.

“Benar (terjadi longsor) dan sudah dibersihkan oleh masyarakat,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang, Imam Suhery, Senin siang.

Selain longsor, hujan yang melanda kawasan tersebut turut membuat pohon bertumbangan ke badan jalan.

Sebelumnya, curah hujan tinggi di Aceh Tamiang sejak 13 Desember 2022 juga mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Bendahara digenangi banjir luapan pada Jumat, 16 Desember 2022. Informasi yang diterima acehinfo.id dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), terdapat 964 unit rumah penduduk yang tergenang banjir.

Dirincikan sebanyak 210 unit diantara rumah yang digenangi air itu berada di Gampong Rantau Pakam. Selanjutnya banjir juga menggenangi 10 unit rumah penduduk di Gampong Marlempang, sebanyak 200 unit di Gampong Balai, 50 unit di Gampong Lambung Blang, dan 40 unit di Gampong Lubuk Batil.

Banjir juga merendam 11 unit rumah di Gampong Mesjid Sungai Iyu, sebanyak 57 unit rumah di Gampong Raja, kemudian 80 unit rumah di Gampong Teluk Kepayang, 210 unit rumah di Gampong Rantau Pakam, 60 unit rumah di Gampong Cinta Raja, dan 36 unit rumah di Gampong Senebuk Dalam Mesjid.

Selain merendam rumah penduduk, banjir luapan di Aceh Tamiang juga mengakibatkan tanggul jebol sekitar 4 meter di Gampong Gelung.

Masih berdasarkan data BPBA, bencana banjir juga turut melanda beberapa desa di Aceh Timur pada Minggu, 18 Desember 2022. Sejumlah gampong yang disebutkan tergenang air berada di Blang Minje Kecamatan Idi Tunong, dan Gampong Jambo Lubok Kecamatan Indra Makmu.

Pada hari yang sama, bencana banjir juga dilaporkan melanda Gampong Abail, Kecamatan Teupah Tengah, Kabupaten Simeulue. Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda kawasan juga berdampak pada terendamnya pemukiman penduduk di Gampong Leubang Hulu dan Gampong Leubang Kecamatan Teupah Barat.

“Satu unit bangunan sekolah SD di Desa Leubang terendam,” kata Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas.

Hingga berita ini ditayangkan, sejumlah daerah kabupaten dan kota di Aceh masih diguyur hujan baik dengan intensitas rendah hingga tinggi, termasuk di wilayah ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh.[]

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI