28.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Mahasiswa Aceh di Sudan Dievakuasi, Syech Fadhil: Terimakasih Kemenlu

JAKARTA | ACEHINFO– Sejumlah mahasiswa asal Aceh yang sedang menuntut ilmu di Sudan akhirnya dievakuasi oleh Kemenlu RI.

Kabar gembira ini disampaikan oleh Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil, usai berkomunikasi langsung dengan para mahasiswa tersebut via handphone, Kamis malam 28 April 2023.

“Alhamdulillah semua mahasiswa asal Aceh di Sudan udah dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi. Kita mengucapkan terimakasih banyak kepada Kemenlu dan Dubes RI di Arab Saudi,” ujar Syech Fadhil.

“Menurut informasi, mahasiswa Aceh yang sedang menuntut ilmu di Sudan, ada sekitar 60-an,” kata senator muda asal Aceh ini.

“Sekitar 22 orang bahkan sudah diterbangkan ke Jakarta,” kata Syech Fadhil lagi.

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal bin Abdullah Al-Amudi, menyampaikan perkembangan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dalam situasi perang saudara di Sudan. Terbaru, sebanyak 560 WNI sudah berhasil dievakuasi ke Jeddah, Arab Saudi, saat ini.

“Proses evakuasi ini bekerja sama dengan otoritas di ibu kota Khartoum, Sudan, yang memberikan fasilitas dan kemudahan secara aman untuk para warga negara asing dan warga negara Arab Saudi yang dipindahkan dari ibu kota Khartoum ke Jeddah,” kata Faisal dalam konferensi pers di Kedubes Arab Saudi di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (27/4/2023).

Syech Fadhil sendiri termasuk senator yang paling keras bersuara untuk meminta WNI di Sudan untuk segera dievakuasi.

Pasalnya, ada sekitar 60-an WNI di Sudan merupakan mahasiswa asal Aceh yang sedang menuntut ilmu disana.

Permintaan Syech Fadhil ditanggapi positif oleh Kemenlu RI hingga akhirnya proses evakuasi berlangsung.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS