26.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Mahasiswa Universitas Al Washliyah Darussalam Tanam Mangrove di Neuhen

BANDA ACEH | ACEH INFO —  Mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Al Washliyah Darussalam (UNADA) menanam mangrove di desa pesisir Gampong Neuheuen, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Jumat, 7 Juni 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan kerja sama dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Aceh yang bertindak sebagai sponsor dan penyedia bibit mangrove.

Dosen pendamping lapangan, Said Syaifullah dan Evi Mauliza menjelaskan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi  asyaraat setempat karena  gampong Neuhen pernah menjadi salah satu wilayah yang terdampak tsunami. Penanaman mangrove ini juga menjadi momentum dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2024.

“Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kepedulian lingkungan tetapi juga untuk memperkuat kolaborasi antara universitas, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan. Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi contoh bagi gampong-gampong lain di wilayah Aceh,” ujar Said.

Baca Juga: Inflasi Aceh Terendah Ketiga di Sumatera

Keuchik Gampong Neuhen, Sofyan, mengapresiasi program kerja yang dilaksanakan selama KPM, termasuk penanaman pohon mangrove ini, yang dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat gampong.

“Penanaman mangrove ini merupakan bentuk sosialisasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga pohon, karena mangrove memiliki manfaat besar dalam mencegah abrasi pantai dan tsunami. Kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat dan lestari,” jelas Sofyan.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS