28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Malam Ini, KIP Lakukan Perhitungan Ulang Suara DPD di Pidie

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie akan melakukan perhitungan ulang terhadap C Hasil di 16 kecamatan sesuai dengan rekomendasi Panwaslih Aceh nomor 001/LP.AC/ADM.PL/BWSL/PROV/01.00/III/2024 pada 9 Maret tentang putusan pemeriksaan cepat pada pemilihan umum 2024.

Sesuai surat yang dikirim ke saksi DPD di Aceh, perhitungan ini akan berlangsung pada Minggu 10 Maret 2024, pukul 21.00 hingga selesai, di Asrama Haji Kota Banda Aceh.

“Bahwa perhitungan akan dibagi dalam 4 panel. Saksi DPD diperbolehkan masuk ke 4 panel dengan mengutuskan paling banyak 2 saksi dengan menyerahkan surat mandat yang ditandatangani calon DPD RI,” tulis ketua KIP Pidie, Ramli Usman, dalam surat tersebut.

Sebagaimana yang perlu diketahui, pleno KIP provinsi terkait perolehan suara DPD di Pidie sempat memanas dalam dua hari terakhir.

Dimana, sejumlah calon DPD protes dugaan penggelembungan suara caleg DPD nomor urut 27 di Pidie.

Kemudian pada Sabtu malam, Panwaslih Aceh menggeluarkan surat rekomendasi perhitungan ulang untuk suara DPD di Pidie berdasarkan C1 Hasil. Namun KIP Aceh menolaknya.

Panwaslih Aceh kemudian mengambil alih penyelesaian kasus tersebut dengan sistem penyelesaian cepat. Adapun hasil pemeriksaan dan pencocokan data antara C1 saksi dengan Panwaslih akhirnya diputuskan bahwa KIP Aceh dan KIP Pidie melakukan pelanggaran adminitrasi dan melanggar aturan.

Dari sejumlah Caleg DPD yang menggugat, tim Syech Fadhil, memiliki bukti bukti C1 yang paling lengkap dan kemudian dicocokan dengan data Panwaslih serta perbedaan dengan D1 Pleno kecamatan yang disahkan di Pidie.

Panwaslih meminta KIP Aceh melakukan perhitungan ulang suara DPD RI berdasarkan C Hasil.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS