30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Menkeu Diminta Bekukan Anggaran Pembangunan Empat Pulau Sengketa Aceh-Sumut

LHOKSUKON | ACEH INFO – Senator asal Aceh Sudirman atau akrab disapa Haji Uma menyurati Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI terkait empat pulau di Aceh Singkil yang masuk ke dalam wilayah Sumatera Utara. Dia juga menyatakan keberatan atas berpindahnya koordinat empat pulau tersebut ke provinsi tetangga.

“Saya secara tegas menyatakan keberatan terhadap keputusan tersebut dan meminta Mendagri untuk mencabut dan membatalkan keputusan nomor 050-145, karena keputusan tersebut merugikan Aceh,” ujar Haji Uma saat dikonfimasi acehinfo.id, Rabu, 25 Mei 2022.

Seain itu, Haji Uma juga meminta Menteri Keuangan untuk tidak menganggarkan dan membatalkan anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan empat pulau di Aceh Singkil yang masuk ke dalam wilayah Sumatera Utara. Dia berharap pembekuan anggaran tersebut dapat dilakukan hingga permasalahan sengketa wilayah terselesaikan.

Sebelumnya pada 9 November 2018 lalu, Haji Uma juga telah meminta Kemendagri agar tidak asal menyetujui permintaan Provinsi Sumatera Utara terhadap empat pulau di wilayah Aceh Singkil Provinsi Aceh. Empat pulau itu yakni Pulau Panjang, Pulau Lipan, Pulau Mangkir Besar dan Pulau Mangkir Kecil ke dalam wilayah Tapanuli Tengah Sumatera Utara.

Dia turut meminta Mendagri agar menyikapi permasalahan tersebut secara adil, dan menyelesaikan sengketa wilayah.

“Saya meminta Mendagri untuk membatalkan dan mencabut Keputusan tersebut dan menyelesaikan permasalahan sengketa batas wilayah Aceh dengan Sumatera Utara dengan seadil-adilnya,” pintanya.[]

PEWARTA: MAULIDI AL FATA
EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS