28.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Menteri Desa PDTT Sebut Tahun 2023 Dana Desa Dipakai untuk Dukung Pertumbuhan Ekonomi

BANDA ACEH | ACEH INFO – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes, PDTT), Abdul Halik Iskandar menyampaikan, dana desa pada tahun 2023 itu dipakai dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia.

Untuk pertumbuhan ekonomi yang terpakai sebesar 45,7 persen, sedangkan untuk SDM 30,1 persen.

“Ini artinya rencana pembangunan di desa-desa sudah on the track,” ujar Gus Halim sapaan akrab Abdul Halim Iskandar, pada Rapat Sinergitas dan Konsolidasi dalam Pemberdayaan masyarakat Desa dengan pendamping profesional (Pendamping Desa) di Hotel Grand Nanggroe, Lueng Bata, Banda Aceh, Minggu, 6 Agustus 2023.

Menurut Gus Halim, serapan dana Desa sudah mencapai 70 persen untuk pertembuhan ekonomi dan SDM, dan capaian itu berkat Pendamping Desa.

“Ini yang dimaksud on the track,” tegasnya.

Namun katanya, banyak pihak melihat dana desa sebesar Rp4,5 triliun ini seakan-akan menyalahi, sehingga mereka mencari-cari kesalahan, termasuk bila ada kepala desa yang korupsi dihubungkan dengan pendamping desa.

Menteri Desa Pdtt Sebut Tahun 2023 Dana Desa Dipakai Untuk Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi, abdul halim iskandar, foto bersama pendamping. Foto: ist.

“Itu tidak ada hubungan dengan pendamping desa, kecuali bila perencanaan yang tidak tepat. Jadi dana desa bisa dipakai buat apa saja, kecuali yang dilarang. Dana Desa harus terarah pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM,” ujarnya lagi.

Ia menegaskan, tidak ada hubungan pendamping Desa dengan perlakuan kepala desa yang korupsi.

Namun, bila ada perencanaan pembangunan yang tidak tepat, itu baru berhubungan dengan pendamping desa dan perlu dipertanyakan. “Makanya kami setiap tahun mengevaluasi pendamping desa ini,” kata Gus Halim.

Gus Halim mengakui, keberadaan dua anggota DPR RI Komisi V asal Aceh yakni Irmawan dan Pak Ruslan M Daud, sangat dibutuhkan untuk mendukung keberadaan tenaga profesional pendampingan desa.

“Selama ini Pak Irmawan paling membela dan mempertahankan tenaga desa ini. Beliau di komisi V sangat membantu mempertahankan tenaga pendamping desa,” lanjut Menteri.

Untuk itu, dirinya menekankan agar sama-sama ikut memberi dorongan kepada kedua anggota DPR RI ini, sebab keberadaan tenaga profesional Pendamping Desa sangat dibutuhkan.

Untuk diketahui, bahwa Menteri Abdul Halim Iskandar di Aceh dalam rangkaian kunjungan ke Kabupaten Bireuen, Pidie Jaya, Sabang, Pulau Nasi, dan Banda Aceh.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPR-RI Komisi V, Irmawan dan H. Ruslan M Daud, serta pihak terkait desa lainnya.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS