28.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Nelayan Harus Mengerti Hukum Saat Melaut, Komsosmar TNI AL Lanal Lhokseumawe 

IDI RAYEUK I ACEH INFO – TNI AL Lanal Lhokseumawe menggelar Komunikasi Sosial di Bidang Maritim (Komsosmar) membekali para nelayan dan Panglima Laot di Kabupaten Aceh Timur terkait aturan hukum laut, Selasa (15/3/2022).

Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Marinir Dian Suryansyah diwakili Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahrizal dalam sambutannya mengatakan, tujuan mengumpulkan para Panglima Laot dan nelayan untuk silaturahmi sekaligus sosialisasi hukum laut, batas wilayah perairan Indonesia, undang-undang perairan, undang-undang pelayaran dan Bela Negara.

“Para nelayan harus memahami hukum saat melaut, sehingga nyaman dan aman saat melakukan aktivitas tangkap ikan,” kata Danlanal Lhokseumawe melalui Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahrizal, di Aula Serbaguna Pendopo, Idi, Aceh Timur, Selasa (15/3/2022).

Sosialisasi Bela Negara, Letkol Laut (S) Ferry dari Spotmar Mabes TNI AL menambahkan, kewajiban warga negara dalam bela negara dan rencana pembentukan Komcad Matra Laut.

Sementara itu, sosialisasi UU Perikanan, disampaikan oleh Kepala UPTD Idi, diwakili Tommi Parmono sebagai Kasi Tata Kelola dan Kesyahbandaran.

Dan sosialisasi UU Pelayaran oleh KSOP Langsa, Sudirman menyampaikan materi tentang undang-undang pelayaran dan tatacara pengurusan surat kapal kepada nelayan.

Paspotmar Lanal Lhokseumawe, Mayor Laut (KH) Fahrizal memberikan materi Hukum Laut dan batas wilayah perairan Republik Indonesia dengan negara tetangga.

Fahrizal juga meminta nelayan setiap perahu harus melengkapi dokumen dan surat-surat yang wajib dibawa dan berada di kapal yaitu surat izin penangkapan ikan, surat laik operasi dan surat persetujuan kapal.

Usai kegiatan Komsosmar, memberikan jaket pelampung yang diterima oleh Nelayan Aceh Timur untuk digunakan ketika melaut sebagai sarana keselamatan diri jika kapal mengalami kecelakaan di laut, serta memberikan sembako dan dilanjutkan foto bersama.

EDITOR : FERIZAL HASAN/RILIS

 

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS