28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pemerintah Aceh Selenggarakan Musabaqah Pawai Takbir

BANDA ACEH | ACEH INFO – Dalam rangka menyemarakan syiar Islam dan dakwah malam Hari Raya Idul Adha 1444 H, Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam menggelar musabaqah pawai takbir.

Kegiatan itu dilakaksanakan oleh pengelola Masjid Raya Baiturrahman Aceh bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

Pawai takbir akbar itu mengambil start di halaman Masjid Raya Baiturrahman Aceh menuju jalan protokol dalam wilayah Kota Banda Aceh serta Finish kembali di Masjid Raya Baiturrahman Aceh.

“Untuk pelaksanaannya, insya Allah akan dilaksanakan pada Rabu, 28 Juni 2023 pukul 20.00 WIB sampai selesai,” sebut Ketua DPW BKPRMI Aceh, Mulia Rahman, Minggu, 4 Juni 2023.

Ia mengakui, bahwa kegiatan pawai takbiran keliling ini tidak dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya disebabkan pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah mulai tahun ini pawai takbiran malam hari raya kembali dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam pawai akbar itu ada beberapa syarat-syarat bagi peserta yakni pendaftaran group mulai sejak 9-10 Juni 2023, pukul 14.00-16.00 WIB.

Berikut persyaratannya

  1. Peserta adalah remaja masjid/meunasah/ormas Islam/ komunitas Islam se-Aceh.

  2. Setiap pengurus remaja masjid/meunasah/ormas Islam mengirimkan satu regu peserta berjumlah 40 orang maksimal dan minimal 30 orang (khusus remaja putra) sudah termasuk syeikh.

  3. Melampirkan fotocopy buku rekening Bank Aceh (aktif) milik organisasi/Ketua Tim Takbiran yang ikut sebagai peserta pawai.

  4. Untuk pembaca takbir/ syekh (qari) belum pernah memperoleh Juara I MTQ di tingkat nasional/provinsi/labupaten/kota.

  5. Berpakaian muslim dan menjaga kebersihan perkarangan Masjid Raya Baiturrahman Aceh dan selama dalam rute takbiran.

  6. Peserta pawai tidak dibenarkan membawa Plpetasan/ mercon. (bagi peserta yang tidak mengindahkan maka akan didiskualifikasi kelompoknya).

  7. Bagi peserta yang telah hadir di lokasi kegiatan pawai takbir, ketika waktu salat telah tiba, maka wajib salat berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman Aceh dan menghentikan aktifitas keramaian di mobil hias. (bagi peserta yang tidak mengindahkan maka akan didiskualifikasi kelompoknya).

  8. Setiap regu dapat membawa banner (spanduk), gendang, beduk, rebana, assesoris dan perlengkapan lainnya.

  9. Untuk armada hias maksimal menggunakan mobil roda empat, jika melebihi dari hal tersebut maka group tersebut tidak akan dinilai (di diskualifikasi).

  10. Mempersiapkan daftar nama peserta dan no handpone yang telah ditandatangani oleh pengurus BKM/RM/kepala desa/pengurus ormas dan diserahkan kepada panitia pada technical meeting hari sabtu, 24 Juni 2023 pukul 10.00 WIB di Aula Mushaf Al-Qur’an Masjid Raya Baiturrahman Aceh.

  11. Pendaftaran (satu pintu) peserta di sekretariat Remaja Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Menara Selatan Komplek Masjid Raya Baiturrahman Aceh, pada hari Jumat-Sabtu, 09 sampai 10 Juni 2023, pukul 14.00 – 16.30 WIB. Kontak perseon 082290244852 (Aris) dan 085296999146 (Adly).

  12. Pendaftaran peserta Musabaqah Pawai Takbir jalan Kaki 1444 H terbatas hanya 40 group/ kelompok.

  13. Setiap kelompok yang sesuai dengan persyaratan maka diberikan dana partisipasi Rp 1.000.000,-via Rekening (potong pajak).[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS