30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pemko Langsa Raih Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik

LANGSA | ACEH INFO – Pemerintah kota Langsa kembali meraih Penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2022 dengan Opini Kualitas Tinggi (Zona Hijau) dari Ombudsman Republik Indonesia.

Penghargaan itu diberikan oleh Kepala Ombudsman RI perwakilan Aceh, Dian Rubianty yang diterima Plt. Sekda Kota Langsa Muhammad Darfian, Rabu, 22 Februari 2023, di Anjong Mon Mata Banda Aceh.

Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Dian Rubianty, mengatakan ada dua tujuan utama dari kegiatan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik.

Pertama, mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik baik dari pemenuhan standar pelayanan, sarana prasarana, kompetensi penyelenggara layanan dan pengelolaan pengaduan.

Kedua, mengidentifikasi tingkat kompetensi penyelenggara pelayanan publik, mengidentifikasi kecukupan pemenuhan sarana dan prasarana pelayanan, mengidentifikasi pemenuhan komponen standar pelayanan publik, dan mengidentifikasi pengelolaan pengaduan dalam instansi penyelenggara pelayanan publik.

“Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik tahun 2022 yaitu dimulai dari Agustus sampai Oktober 2022, dilakukan kepada 24 Kementerian, 15 Lembaga, 34 provinsi, 416 kabupaten dan 98 kota. Jumlah seluruhnya adalah 587 Instansi, bertujuan untuk mengukur kepatuhan penyelenggaran pelayanan publik terhadap standar pelayanan sesuai dengan amanat UU 25 tahun 2009,” katanya.

Untuk Provinsi Aceh, penilaian dilakukan pada 5 SKPA yaitu DPMPTSP, Disdukcapil, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan.

Sedangkan untuk kabupaten kota, selain 5 SKPD, penilaian juga dilakukan pada 2 Puskesmas di masing-masing kabupaten/kota, sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan pertama di daerah.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua kepala daerah kabupaten/kota, terutama Bapak/Ibu Kabag Organisasi Tata Laksana di masing-masing kabupaten/kota, yang sudah bekerja sama dan mendukung pelaksanaan kegiatan penilaian kepatuhan tahun 2022, terutama saat Tim Ombudsman RI Perwakilan Aceh turun ke daerah untuk melakukan penilaian langsung ke 5 OPD dan dua Puskesmas,” Ujar Dian Rubianty.

Pada kesempatan itu, Plt Sekda kota Langsa Muhammad Darfian, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pegawai dan para kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Langsa.

“Keberhasilan ini diraih atas kerjasama seluruh pegawai di masing-masing OPD yang telah menuntaskan tugas dan tanggung jawab dengan baik dengan mengedepankan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Darfian

Turut mendampingi pada acara itu Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemko Langsa Junaidi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dra. Suhartini, Kadis DPMPTSP, Rusli Jufri, Kadis Kesehatan Kota Langsa, dr. Muhammad Yusuf Akbar, Kadis Sosial Armia serta Kabag Organisasi Setdakot Langsa Joko Pranata.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS