26.7 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Peringati Hari Sungai Nasional, Gainpala Ar-Raniry Arungi Krueng Beutong

BANDA ACEH | ACEH INFO – Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam Gainpala Ar-Raniry berhasil menyelesaikan 50 kilometer pengarungan Krueng Beutong selama empat hari tiga malam.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional yang jatuh setiap tanggal 27 Juli.

Ketua Gainpala Ar-Raniry, Muhammad Rizki, mengatakan tim yang berjumlah 15 personel dengan menggunakan tiga perahu memulai start pengarungan pada kamis, 17 Juli 2023 dari Gampong Blang Puuk, Beutong Ateuh Banggalang dam berakhir di Pante Ceureumen, Aceh Barat, pada hari Minggu, 30 Juli 2023.

“Jarak yang ditempuh dari Gampong Blang Puuk ke Pante Ceureumen sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh empat hari tiga malam,” sebut Ketua Gainpala Ar-Raniry di Banda Aceh, Senin, 31 Juli 2023.

Ia juga menyebutkan, 15 personel yang melalukan pengarungan, satu personel diantaranya dari Mapala Macopala IAIN Cot Kala Langsa dan satu personel dari Mapala Tarantula UTU.

Selain itu, dalam kegiatan ekspedisi ini juga dilakukan bakti sosial pembersihan sampah plastik di sungai beutong dengan melibatkan beberapa komunitas pencinta alam.

“Kegiatan ekpedisi krueng beutong ini di lakukan untuk memetakan sungai Krueng Beutong dan juga menjadikan Krueng Beutong sendiri sebagai potensi wisata arung jeram,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Muhammad Raihan, mengatakan, medan yang dilalui oleh tim Ekspedisi variatif mulai dari Standing Wave (Gelombang) yang begitu besar, Hole (sirkulasi air dibelakang lobang), strainer (rintangan berupa Kayu), under cut (tebing dan batuan besar) hingga hidrolic.

Lanjutnya, karena adanya penghimpitan sungai menyebabkan tim mendapat kendala sehingga tim harus melakukan tehnik membawa perahu di sungai dengan cara menuntun perahu yang diikat tali di tepian sungai.

Kemudian, lebar sungai tidak begitu luas juga sangat ekstrem di arungi tim ekspedisi karena banyak melakukan Teknik manuver dengan bebatuan yang besar,” pungkasnya.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI