29.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

POPULER

Persentase Kasus Kriminal Menurun di Aceh Utara

BANDA ACEH | ACEHINFO – Jumlah kasus kriminal di wilayah hukum Polres Aceh Utara menurun sebanyak 23 persen atau 269 kasus pada tahun 2021. Sementara pada tahun 2020, angka kriminal mencapai 349 kasus yang sempat ditangani Satreskrim Polres Aceh Utara.

Hal ini diketahui dalam konferensi pers yang digelar Polres Aceh Utara dalam rilis akhir tahun terkait situasi kamtibmas dan capaian sepanjang tahun 2021. Konferensi pers ini dihelat di Mapolres Aceh Utara dan dihadiri langsung Kapolres AKBP Riza Faisal, SIK, yang didampingi Wakapolres Aceh Utara, Kompol Joko Kusumadinata, SIK, Jumat, 31 Desember 2021 kemarin.

Dari paparan itu diketahui, kasus kriminal paling menonjol dalam wilayah hukum Polres Aceh Utara adalah penikaman terhadap Bripka Mufiza dan dua warga Kecamatan Lhoksukon.

Pada tahun 2021, Polres Aceh Utara berhasil mengungkap kasus tindak pidana pemerkosaan dan perdagangan anak di bawah umur, di Kecamatan Jambo Aye. Selain itu, Polres Aceh Utara juga menangani 69 perkara kasus penyalahgunaan narkoba sepanjang 2021. Dari jumlah kasus itu, sebanyak 59 perkara berhasil diselesaikan dan 10 lainnya masih dalam tahap penyidikan. “Ada penurunan perkara penyalahgunaan narkoba di tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 sebanyak 86 kasus, dan semua perkara terselesaikan,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal.

Berbeda dengan Reserse Kriminal dan Narkoba, persentase jumlah kasus Lakalantas justru meningkat di tahun 2021. Dari data Polres diketahui, angka Lakalantas di Aceh Utara mencapai 149 kasus atau meningkat 20 persen kika dibandingkan tahun 2020. Terkait hal ini, jajaran Satlantas Aceh Utara di bawah komando AKP Adek Taufik, SIK, akan melakukan upaya-upaya pencegahan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tertib lalu lintas. Selain itu, kata Kapolres, Satlantas Aceh Utara juga akan menyiasati pelaksanaan tertib lalu lintas saat menerapkan imbauan Prokes Covid-19.

Polres Aceh Utara juga akan memasang spanduk-spanduk imbauan tertib lalu lintas serta berkoordinasi dengan instansi pemerintah setempat  guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. “Kita berharap situasi kondusif di Wilkum Polres Aceh Utara data terus dijaga bersama melalui sinergitas seluruh pihak dan pandemi bisa berakhir sehingga kita dapat kembali melakukan aktivitas dengan normal dan memulihkan keadaan,” pungkas Kapolres Aceh Utara AKBP Riza Faisal, SIK.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

MINGGU INI