27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pertamina Patra Niaga Segera Tangani Rembesan Minyak di Perairan Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE | ACEH INFO – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut segera menangani rembesan minyak yang terjadi di Pantai Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Rembesan minyak tersebut berasal dari Kapal MT Aerosea Catalina, yang terjadi pada Minggu, 24 April 2022. Sampai berita ini diturunkan, penanganan masih terus berlangsung.

Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Region I Taufikurachman menjelaskan, kejadian bermula saat ditemukan adanya minyak yang berada pada bagian lambung kapal MT Aerosea Catalina. Rembesan minyak berasal dari Sea Chest kapal MT Aerosea Catalina yang menyalurkan minyak ke IT Lhokseumawe.

“Penanganan segera yang dilakukan oleh Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut adalah menetralisir rembesan minyak dengan Oil Spill Dispersant (OSD), menggunakan sorbent pad untuk sisa film serap, dan menyebarkan oil boom agar minyak tidak menyebar luas,” ungkap Taufikurachman melalui siaran pers yang diterima acehinfo.id, Minggu malam 24 April 2022.

Selain itu, penanganan yang dilakukan adalah dengan segera mengidentifikasi dan memeriksa area pump room kapal, serta penyebaran oil dispersant di area lambung kapal dan oil sorbent.

“Hingga saat ini, kondisi minyak di perairan sudah semakin sedikit dengan kondisi oil boom sudah dipersempit, minyak campur air yang terangkut sudah 4 IBC kapasitas 1 Ton. Penanganan akan terus dilakukan hingga kondisi sudah seperti sedia kala,” jelas Taufikurachman.

Sebelumnya masyarakat Kota Lhokseumawe digegerkan dengan tumpahan minyak di kawasan pantai Hagu Selatan, Kecamatan Banda Sakti. Awalnya kejadian tersebut diketahui dari bau menyengat yang tercium di sekitar lokasi. Saat ini, lokasi tumpahan minyak tersebut sudah dilingkari garis polisi.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS