28.2 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Perumda AM Tirta Keumuneng dan BAS Jalin Kerjasama Pembayaran Tagihan Online

LANGSA | ACEH INFO – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Keumuneng Langsa dan Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Langsa menjalin kerjasama tentang pembayaran tagihan rekening air minum melalui fasilitas perbankan dengan sistem online payment.

Perjanjian kerja sama (PKS) tersebut tertuang dengan Nomor : 05/LGS.02/II/2023 dan Nomor : 587/V.04/II/2023, antara Direktur Perumda Air Minum Tirta Keumuneng Kota Langsa, Azzahir, didampingi Kuasa Hukum/Consultans Hukum, Zulfahriza, Ketua Koperasi Tirta Keumuneng, Raditya dan pihak BAS, Kasie Legal, Said Reza ND, Kasie Funding, Mariadi, Kasie Pembiayaan, Al Kahlil serta Staf Funding Aulia, Kamis, 6 April 2023.

Kepala Bank Aceh Syariah (BAS) Cabang Langsa, Lukman Hakim, menyatakan diera milenial saat ini seluruh lapisan masyarakat dituntut untuk mempercepat sistim digital dan non tunai sebagai transaksi keuangan.

Salah satunya dengan memanfaatkan kemudahan berinteraksi secara digital. Dimana tuntutan saat ini secara bisnis mendorong perbankan untuk lebih efesiensi beriteraksi demi kemudahan seluruh lapisan masyarakat.

Hal tersebut juga tertuang pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (PJOK) No 12/PJOK.03/2018 tanggal 6 Agustus 2018 tentang penyelenggaran layanan perbankan digital oleh bank umum.

Selanjutnya, dalam hal ini perbankan juga dipacu untuk lebih aktif dalam proses pelayanan diseluruh aspek secara digitalnya.

“Adapun Bank Aceh dalam pengembangan produk digital kini telah berinovasi dengan produk mobile banking yang dipenuhi dengan fasilitas-fasilitas penunjang transaksi secara digital, salah satu yang telah terealisasi terhadap pengembangan produk pada fitur mobile banking yaitu pembayaran PDAM Kota Langsa,” ungkap Lukman.

Kemudian, dapat diambil manfaat dari pengembangan ini terkait kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Langsa dalam proses berinteraksi pembayaran PDAM.

“Kami akan terus melakukan kerjasama dengan semua pihak terkait layanan kerjasama pembayaran online sesuai kemajuan zaman diera digital saat ini,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Direktur Perumda Air Minum Tirta Keumuneng, Azzahir, mengatakan bahwa kerjasama terkait pembayaran secara online ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat sejak lama untuk mempermudah para pelanggan.

“Semoga kerjasama ini saling menguntungkan terhadap Perumda Air Minum Tirta Keumuneng maupun Bank Aceh Syariah, juga menjadi program yang membanggakan Kota Langsa,” tutur Azzahir.

Lanjutnya, diera digital ini Perumda Air Minum terus melakukan pembenahan seiring perkembangan zaman dan inovasi E-PDAM menjadi inovasi daerah Kota Langsa, sebagaimana Keputusan Walikota Langsa, No 117/050/2023, tentang, Penetapan Inovasi E -PDAM Langsa, sebagai inovasi daerah.

Menurutnya, E-PDAM yang berbasiskan inovasi pelayanan publik sehingga rencana kerja yang dimiliki nantinya rancangan bangunan dengan berbagai fitur.

Fitur-fitur yang berbasiskan technology online tersebut bakal diwujudkan untuk memaksimalkan kemudahan memberi layanan kepada para pelanggan E-PDAM Tirta Keumuning Langsa.

Ia menyebutkan, ada beberapa fitur-fitur yang nantinya memberikan kemudahan pada pelanggan dan masyarakat yang ingin menjadi pelanggan baru E-PDAM, Tirta Kemuning Langsa, diantaranya, fitur pengaduan online, fitur layanan pasang baru, fitur layanan non tunai (Cashless) fitur Live chat Customer Service, dan beberapa fitur-fitur lainya yang nantinya dapat meningkatkan mutu pelayanan E-PDAM Tirta Kemuning Langsa.

“Kami seluruh karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (E-PDAM)Tirta Kemuning Kota Langsa terus saja bekerja sesuai dengan fungsi kami sebagai operator, yang akan terus berinovasi memberikan layanan publik di tengah keterbatasan sarana dan prasarana yang ada saat ini,” urainya.

Sementara, prihal bagaimana E-PDAM Tirta Keumuneng Langsa terhadap pembangunan infrastruktur jaringan selanjutnya tergantung pada kemampuan perekonomian Pemko Langsa, penganggaran keuangan merupakan kewenangan eksekutif dan legislatif serta Pemko Langsa.

Azhari menegaskan, apapun yang pelanggan inginkan maupun masyarakat Kota Langsa sampaikan kepada kami dengan berbagai cara, bahkan ada yang demo sekalipun, itu dijadikan sebagai masukan sebagai vitamin. Agar, berkerja lebih baik lagi ke depannya.

“Perumda air minum Tirta Kemuning (E-PDAM), inikan milik masyarakat, dan sangat wajar bila kami tidak dapat memberi kepuasan kesemuanya, pasti adalah satu dua orang yang merasa kurang terpenuhi hasrat dan kepentingannya,” urainya.

“Intinya kami akan terus berbenah kearah yang jauh lebih baik dan berbagai masukan terhadap kami akan menjadi cemeti untuk berbuat yang terbaik demi Kota Langsa,” pungkas Azzahir.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS