25.2 C
Banda Aceh

TERKINI

POPULER

Pj Bupati Aceh Besar Turunkan Tim Atasi Gangguan Anjing Hutan

spot_img

ACEH BESAR | ACEH INFO – Untuk mengatasi gangguan anjing hutan (Ajag), Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto menurunkan tim yang dipimpin oleh kepala dinas pertanian setempat, Jakfat SP.

Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir, anjing hutan tersebut kerap memangsa puluhan ternak sapi di Kecamatan Sukamakmur dan Kuta Malaka.

“Tim penanganan gangguan anjing hutan itu sempat berdialog dengan sejumlah peternak di dua kecamatan, masing-masing Sukamakmur dan Kuta Malaka. Ketika berada di Gampong Luthu, Kecamatan Sukamakmur, mereka mendengarkan keluh kesah warga yang sapinya menjadi korban,” ujar Muhammad Iswanto, Senin, 17 Oktober 2022.

Muhammad Iswanto menambahkan, bahkan beberapa warga yang lembunya menjadi korban, berharap kepada pihak BKSDA maupun tim dari kabupaten dan provinsi,  agar segera mencarikan solusi.

Hal yang serupa juga dialami peternak lainnya di Kecamatan Sukamakmur, seperti Zubir, Maimun, dan Syahroni, mengingat ancaman anjing hutan semakin ganas, akhirnya tidak lagi melepas lembu di gunung, melainkan dikandangkan di areal kebun.

Sementara itu, Keuchik Lam Ara Tunong mengharapkan kepada pihak BKSDA Aceh,  tim dari Provinsi Aceh, dan tim dari kabupaten Aceh Besar agar bertindak cepat untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat gangguan ajag tersebut.

Menanggapi keluhan masyarakat itu, Kadistan Aceh Besar Jakfar SP didampingi Kadis Peternakan Aceh Zalsufran ST MSi dan pejabat BKSDA Aceh mengatakan, pihaknya segera merespon keluhan para peternak tersebut.

“Untuk sementara waktu, para pejabat itu meminta agar hewan ternak dikandangkan di dekat pemukiman yang mudah dipantau,” kata Jakfar.

EDITOR: M. AGAM KHALILULLAH

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI