29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Pj Gubernur Ajak Civitas Akademika dan INI UIN Ar-Raniry Suksesan PON XXI

BANDA ACEH | ACEH INFO – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah, mengajak jajaran Civitas Akademika dan Ikatan Keluarga Alumni (INI) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, untuk mendukung sejumlah agenda penting Pemerintah di tahun 2024 ini, mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut dan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Hal tersebut disampaikan Bustami Hamzah, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni) Universitas Syiah Kuala, dalam sambutannya pada acara Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni (INI) Pascasarjana UIN Ar-Raniry, di komplek Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Rabu, 1 Mei 2024.

Sebagaimana diketahui, semenjak dilantik sebagai Penjabat Gubernur Aceh oleh Menteri Dalam Negeri RI pada 13 Maret 2024 yang lalu, Gubernur bersama berbagai pihak terkait, terus bekerja keras untuk menuntaskan agenda-agenda Pemerintah Aceh yang tertunda.

“Ada beberapa agenda yang kami berikan perhatian secara serius, sebagai komitmen untuk memberikan pengabdian yang terbaik. Termasuk kegiatan PON XXI Aceh-Sumut dan Pilkada serentak untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota. PON yang akan kita gelar pada bulan September nanti menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan Aceh ke saudara-saudara kita se-Nusantara hingga bahkan mancanegara sekalipun,” ujar Pj Gubernur.

Selanjutnya, sambung Bustami, Pilkada serentak yang diadakan di akhir tahun nanti, juga menjadi ajang pembuktian bahwa Aceh mampu melaksanakan setiap tahapan agenda kenegaraan tersebut secara aman, damai dan kondusif, sebagaimana suksesnya gelaran Pilpres dan Pileg yang lalu.

Oleh karena itu, ia mengajak Civitas Akademika dan pengurus IKA Alumni UIN Ar-Raniry, untuk mendukung dan turut berkontribusi pada kegiatan tersebut. Karena tanpa kekompakan, kebersamaan dan kolaborasi dari semua pihak, sangat sulit bagi kita untuk bergerak dan menyukseskan agenda besar ini.

“Mari kita tunjukkan bahwa Aceh mampu melakukan hal-hal besar ini,” kata gubernur.

Dalam sambutannya, Gubernur juga menyampaikan apresiasi atas sambutan dari Civitas Akademika UIN Ar-Raniry kepada dirinya dan Istri, saat tiba di kampus tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan yang luar biasa dan juga peusijuek yang dilaksanakan kepada kami beserta Istri. Mudah-mudahan do’a yang dipanjatkan dalam prosesi peusijuek tadi dapat semakin menguatkan tekad dan langkah kami dalam memimpin dan berupaya memberikan yang terbaik bagi Pembangunan Aceh,” kata Pj Gubernur Bustami.

Pada kesempatan tersebut, atas nama Pemerintah Aceh, Bustami juga mengapresiasi peran yang telah dimainkan oleh UIN Ar-Raniry, khususnya Lembaga Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, dalam perjalanan panjang pembangunan Aceh. Sebagaimana diketahui, selama ini pasca sarjana UIN Ar-Raniry telah menjadi salah satu lembaga pendidikan yang memberikan kontribusi besar dalam pengembangan sumber daya manusia di Aceh, khususnya di bidang keilmuan Islam dan ilmu-ilmu lainnya.

“Kami mengajajk Lembaga Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, dapat terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menghasilkan lulusan berkualitas dan berkompeten, serta semakin aktif dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan pembangunan daerah,” ujarnyam

Selain itu, dirinya juga mengharapkan UIN Ar-Raniry, khususnya lembaga pasca sarjananya, terus mendukung visi pembangunan daerah dalam semua aspek, serta menjadi mitra bagi pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Aceh.

Bustami meyakini, keberadaan Ikatan Alumni Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, akan semakin memperkuat jaringan komunikasi dan kerja sama antar alumni untuk bersama-sama berkontribusi lebih besar lagi dalam pembangunan Aceh.

Terlebih lagi para Alumni pasca sarjana UIN Ar-Raniry saat ini sudah banyak tersebar di berbagai sektor sebagai profesional dan ahli dalam berbagai bidang.

“Untuk itu, kami berharap para pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan, dan kepada seluruh alumni Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry, kami berpesan agar para alumni menjadi profesional unggul di bidangnya, serta memberikan kontribusi positif dalam pembangunan Aceh dan terus mengembangkan kemampuan dan keahliannya agar dapat bersaing secara global,” sebut gubernur.

Selanjutnya, Bustami juga berpesan agar para alumni mengimplementasikan ilmu dan keterampilannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta selalu menjunjung tinggi etika profesional dan integritas dalam setiap tindakan dan keputusan, agar di masa mendatang dapat menjadi pemimpin dan inovator yang membawa dampak positif bagi Aceh dan Indonesia.

“Mari bersama-sama kita manfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah kita peroleh untuk berkontribusi dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial, hingga pembangunan infrastruktur, demi terwujudnya Aceh yang lebih maju dan sejahtera,” imbau Gubernur.

“Selamat kepada para pengurus yang baru dilantik. Semoga amanah yang telah diberikan dapat diemban dengan baik dan mampu menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi. Saya juga berharap Ikatan Alumni Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry dapat terus berkembang dan menjadi wadah yang bermanfaat bagi semua alumni, dan juga almamater,” ujar Gubernur.

Pada kesempatan itu, gubernur juga sempat membagikan sebuah kalimat penyemangat kepada pengurus IKA UIN Ar-Raniry dan para hadirin.”Ingat, orang hebat bukanlah orang yang hadir setelah badai berlalu. Tetapi, orang hebat adalah mereka mampu bertahan saat badai menerpa. Dan, orang-orang yang masih tegap berdiri setelah dihantam badai tentu tidak akan terusik oleh gerimis,” ungkap gubernur.

Diangkat Sebagai Alumni Kehormatan UIN Ar-Raniry

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman, dakam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kontribusi Gubernur Aceh kepada UIN Ar-Raniry. Sebagai bentuk apresiasi, Rektor mengangkat Bustami Hamzah sebagai Alumni Kehormatan UIN Ar-Raniry.

“Apresiasi yang tinggi kami sampaikan kepada Pak Gubernur atas kontribusi Bapak kepada UIN Ar-Raniry selama ini. Dan, karena Gubernur kita bukan alumni UIN, maka hari ini kami tetapkan Pak Bustami Hamzah, sebagai Alumni Kehormatan UIN Ar-Raniry,” ujar Rektor disambut tepuk tangan para hadirin.

Sebelumnya, sesaat setelah tiba di Lobi Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Gubernur yang turut didampingi istri Mellani Subarni, disambut dengan prosesi adat Peusijuek okeh Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman.[]

Editor: Izal Syafrizal

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS