31.1 C
Banda Aceh
spot_img
spot_img

TERKINI

POPULER

Program JKN Permudah Masyarakat Dapatkan Layanan Kesehatan

KARANG BARU | ACEH INFO – Pemerintah menghadirkan BPJS Kesehatan sebagai pengelola program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan bentuk perhatian dan penjaminan kesehatan masyarakat Indonesia.

Dimana ruang lingkupnya juga tidak terbatas untuk satu daerah tertentu saja, namun sudah mencakup seluruh wilayah Indonesia, salah satunya seperti yang dirasakan oleh Riska Fadillah (20).

Riska merupakan peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang pernah dirawat inap di Rumah Sakit Pertamina Rantau Kabupaten Aceh Tamiang dengan dibekali Program JKN pada tahun 2021 lalu.

“Sebelum dibawa ke rumah sakit dirinya sempat menggigil selama dua hari, hal itulah yang membuat ia memutuskan untuk segera mendatangi pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD),” sebut Riska, Kamis, 1 Februari 2024.

Ia sempat berpikir bahwa hanya demam biasa, sehingga hanya istirahat di rumah saja. Namun pada hari ketiga rasa demam ditubuh sudah terasa aneh dan harus di bawa ke rumah sakit.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan dilakukan pengecekan darah, ternyata demam yang saya rasakan ini adalah gejala demam berdarah,” ujarnya.

Lalu, ia pun dirawat selama satu minggu di rumah sakit. Trombosit yang sebelumnya turun perlahan mulai meningkat dari hari ke hari. Dari kejadian tersebut, hal yang membuat yakin dan percaya pada program JKN adalah biaya pengobatan saya sepenuhnya dijamin oleh program JKN.

Sebelumnya, ia tidak percaya dengan program ini karena belum pernah menggunakan sama sekali, namun setelah merasakan menjadi tau arti penting memiliki program ini.

“Hal yang juga membuat saya semakin lega karena biaya perawatan tidak menjadi beban bagi orang tua saya,” ucapnya.

Kemudian, program JKN ini sungguh tidak ada bedanya, sama-sama dilayani dengan bagus. Ia berharap kepada pemerintah untuk mencari tahu dahulu setiap informasi yang berkaitan dengan program JKN dan dari pengalaman ini membuktikan bahwa penyakit itu datang tidak memandang usia, antisipasi dengan program JKN sejak dini itu sangatlah penting.

Apalagi, dirinya mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan juga dari rumah sakit, petugas kesehatannya juga ramah dan kooperatif. Segala keraguan saya terpatahkan dengan pengalaman yang saya alami sendiri.

Riska berharap semoga program JKN terus berlangsung agar dapat terus membantu masyarakat Indonesia.

“Saya berterima kasih karena pemerintah sudah menghadirkan program JKN. Semoga program ini terus ada, bagi masyarakat yang kurang mampu kalau sudah sakit sekarang tidak takut lagi memikirkan biaya sejak ada program ini. Dan sejak ada program JKN, masyarakat merasa sangat tenang dan nyaman. Saya mengimbau semua masyarakat Indonesia jangan lupa untuk mendaftarkan diri ke program JKN sebelum terlambat,” tandasnya.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI