29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Rektor IAIN Langsa Dukung Surat Edaran Pj Gubernur Aceh Tentang Penguatan Syariat Islam

LANGSA | ACEH INFO – Rektor IAIN Langsa, Prof Ismail Fahmi Arrauf Nasution, mendukung Surat Edaran Pj Gubernur Aceh, Nomor: 451/11286 tentang Penguatan dan Peningkatan Pelaksanaan Syariat Islam bagi Aparatur Sipil Negara dan Masyarakat di Aceh.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa sebagai institusi pendidikan Islam di Aceh tentu saja sangat menyambut positif surat edaran tersebut,” sebut Rektor IAIN Langsa, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Kata Rektor, visi dan misi IAIN Langsa sebagai Perguruan Tinggi sangat sejalan dengan pokok pikiran dan arahan Pj Gubernur Aceh sebagaimana disampaikan dalam surat edaran tersebut.

Prof Ismail Fahmi mengimbau kepada civitas akademika untuk menindak lanjuti butir-butir surat edaran tersebut dengan seksama sejalan dengan kewenangan Aceh dalam implementasi syariat Islam dan prinsip-prinsip moderasi dalam beragama.

“Pimpinan kampus, baik fakultas, prodi, dosen, organisasi kemahasiswaan perlu didorong mensosialisasikan imbauan tersebut secara aktif,”imbuhnya.

Rektor menjelaskan, dalam pelaksanaan syariat Islam tentu terdapat tantangan, dimana satu pihak, pelaksanaan syariat Islam di Aceh dapat ditegakkan secara komprehensif dan dipihak lain juga harus bisa menjadi penggerak dalam implementasi keberagamaan yang rahmatan lil-alamin dan adaptif akomodatif terhadap prinsip-prinsip moderasi dalam beragama.

Imbauan tersebut secara umum dapat diselaraskan dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan tinggi dan tidak ada aspek-aspek yang bertentangan secara krusial. Oleh karena itu upaya -upaya kreatif perlu dilakukan dalam menindak-lanjuti kebijakan tersebut, misalnya berupa pengaturan waktu perkuliahan di satu sisi dan penegakan salat berjamaah dipihak yang lain.

Terkait tentang butir untuk tidak berdua-duaan (khalwat) antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim baik di tempat umum, tempat sepi, maupun di atas kenderaan, perlu ditindak lanjuti secara sewajarnya dan semestinya.

Lanjut Rektor, sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan, IAIN Langsa juga perlu mendorong penguatan prinsip-prinsip egalitarianime, kesetaraan gender dan moderasi dalam beragama.

Rektor IAIN Langsa dan seluruh pimpinan di fakultas dan prodi beserta seluruh civitas akademika mendukung setiap kebijakan yang memperkuat dan mendorong pelaksanaan nilai-nilai Islam di Aceh.

“Kita memang perlu selalu mencari sintesa yang kreatif tentang bagaimana mendukung penegakan pelaksanaan syariat Islam, disatu sisi dan dipihak lain dengan mempertimbangkan prinsip – prinsip keberagamaan yang humanis dan moderasi. Adalah tantangan bagi kita untuk menunrunkan hal ini dalam sebuah kebijakan,” terang Rektor.

Dalam waktu dekat IAIN Langsa akan mensosialisasikan Surat Edaran Pj Gubernur Aceh, kepada mahasiswa baru melalui kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) dan juga kepada civitas akademika serta masyarakat secara umum melalui kegiatan peringatan HUT ke 78 Kemerdekaan RI 17,” tandas Rektor.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS