28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Rektor USK Apresiasi Kerja Tim Ad Hoc Hasilkan AD/ART Sesuai PP No.38/2022

BANDA ACEH | ACEH INFO – Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU, mengapresiasi kerja tim ad hoc Forum Ikatan Alumni (IKA) Fakultas se-USK yang telah menghasilkan AD/ART sesuai amanat Peraturan Presiden (PP) No.38 Tahun 2022 tentang USK sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) yang mengelola bidang akademik dan non akademik secara otonom.

Hal itu disampaikan Prof Marwan dalam sambutannya pada acara Pra-Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) Forum IKA se-USK, Kamis, 8 Februari 2024 di Gedung AAC Dayan Dawod, Darussalam Banda Aceh.

Prof Marwan menjelaskan, adanya wakil alumni di Majelis Wali Amanat (MWA) USK merupakan sebuah penghargaan bagi alumni untuk berkecimpung membawa aspirasi dan mewakili kepentingan alumni.

“Ini posisi terhormat. Kehadiran alumni di MWA perlu diperkuat untuk memberikan kontribusi bagi universitas. Hubungan alumni dengan almamater sangat erat dalam kemitraan dan kekeluargaan, karena itu sesuai PP No.38 tahun 2022 organisasi alumni harus punya AD/ART, kita hargai kerja keras tim ad hoc yang telah melahirkan AD/ART IKA USK,” ujar Prof Marwan.

Baca Juga: AD/ART IKA USK Sesuai PP 38 2022 Akan Disahkan Dalam Mubeslub

Prof Marwan menambahkan, dengan adanya AD/ART tersebut, ikatan alumni punya mekanisme dalam menjalankan organisasi dengan baik. Kalau ada permasalahan juga bisa diselesaikan sendiri, karena IKA USK bersifat independen.

“Organisasi alumni itu milik alumni untuk jangka panjang. Antara USK dengan IKA USK dua hal yang sangat berkaitan. Kami berharap organisasi alumni bisa merangkul semua, jangan terburu-buru maka perlu dilakukan secara bertahap, dengan harapan semua bisa berpartisipasi,” tambahnya.

Prof Marwan berharap keberadaan IKA USK bisa berkolaborasi hingga ketingkat IKA Program Studi (Prodi), karena alumni setiap Prodi sangat berperan dalam pengembangan kampus. IKA Jurusan dan Prodi berperan besar dalam memberikan masukan bagi universitas.

“Kemitraan ini, antara USK dengan IKA USK akan coba kita terus benahi dan perbaiki sesuai amanat PP No.38 Tahun 2022. Kami apresiasi apa yang sudah dilakukan Forum IKA Fakultas sehingga melahirkan AD/ART IKA USK,” jelas Prof Matwan.

Baca Juga: Sembilan Kandidat Ketua Umum Siap Berkompetisi di Mubeslub IKA USK

Sementara itu Ketua Panitia Mubeslub IKA USK, Amal Hasan SE, M.Si menjelaskan bahwa pra-Mubeslub merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan yang sudah berjalan sejak enam bulan lalu dalam upaya bersama IKA Fakultas di lingkungan USK menyiapkan AD/ART IKA USK.

“Kegiatan hari ini adalah pra-Mubeslub untuk finalisasi AD/ART IKA USK yang sudah sejak enam bulan lalu dibahas bersama. Sementara Mubeslub akan dilaksanakan besok (Jumat/09/02/24) untuk pengesahannya,  yang akan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Umum IKA USK periode 2024-2029,” jelasnya.

Amal Hasan menambahkan, rancangan AD/ART IKA USK sebelumnya juga sudah dikonsultasikan dengan Divisi Hukum USK, draf finalnya juga sudah diserahkan ke pihak Rektorat. Ia berharap partisipasi ke-12 IKA Fakultas di lingkungan USK untuk menyukseskan Mubeslub.

Baca Juga: Enam Kandidat Ketua Umum Mendaftar Jelang Mubeslub IKA USK

“Hasil Mubeslub nanti akan kita sosialisasikan ke seluruh IKA yang ada, baik IKA di daerah (perwakilan) maupun IKA di luar daerah dan luar negeri. Setelah ini kita berharap sinergitas dan konektivitas alumni akan memberi dampak positif bagi kampus USK,” harap Amal Hasan.

Pra-Mubeslum Forum IKA USK turut dihadiri Wakil Rektor III USK Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Mustanir, M.Sc, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni USK Dr. Muhammad Ilham Maulana, ST, MT, para wakil dekan bidang kemahasiswaan se lingkungan USK, serta perwakilan alumni dari IKA Fakultas se-USK.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS