27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Soal Gorden DPR, Kandidat PJ Gubernur Aceh Bakal Dipanggil BURT

JAKARTA|ACEHINFO-Polemik soal pengadaan gorden Rumah Dinas anggota DPR yang menghabiskan anggaran Rp43,5 Miliar, terus bergulir. Buntutnya Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar yang digadang-gadang akan menjadi Pelaksana Jabatan (PJ) Gubernur Aceh akan diperiksa Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR.

Ketua BURT DPR Agung Budi Santoso mengatakan, sekjen DPR itu akan dimintai klarifikasi soal tender pengadaan gorden yang dimenangkan oleh perusahaan dengan penawaran harga tertinggi itu. “Setelah reses, BURT akan panggil Sekjen,” kata Agung, seperti dilansir CNN Indonesia.

Menurut Agung alokasi anggaran puluhan miliar hanya untuk mengganti gorden rumah dinas anggota dewan itu bukan keputusan tepat. Sebab kondisi masyarakat saat ini belum pulih sepenuhnya akibat pandemi Covid-19.

“Agar mencari waktu yang lebih pas untuk pengadaan gorden,” ujarnya.

Lelang tender penggantian gorden untuk rumah dinas jabatan anggota DPR di Kalibata, Jakarta resmi dimenangkan oleh peserta yang menawarkan harga Rp43,5 miliar. Pemenangnya adalah PT. Bertiga Mitra Solusi yang beralamat di kawasan Green Lake City, Tangerang, Banten.

Perusahaan ini merupakan peserta dengan harga penawaran tertinggi dan berhasil mengalahkan 48 perusahaan lain yang menjadi peserta lelang.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus menduga ada permufakatan jahat antara DPR dan perusahaan pemenang tender pengadaan gorden rumah dinas DPR, yaitu PT Bertiga Mitra Solusi. Menurut Lucius, proyek pengadaan gorden itu janggal.

“Ngototnya melanjutkan proyek gorden mungkin saja didorong oleh adanya pemufakatan jahat yang sudah dilakukan antara penyedia dan pelaksana proyek,” katanya.

Kejanggalan proyek itu salah satunya tampak dengan kemenangan PT Bertiga Mitra Solusi sebagai pemenang tender. Padahal, perusahaan tersebut menawarkan harga tertinggi jika dibandingkan dengan peserta lelang lainnya.

Kata dia, semestinya penyelenggara lelang dalam hal ini DPR memikirkan efisiensi anggaran negara.

“Seolah-olah mau bilang anggaran yang sudah dialokasikan harus dihabiskan tanpa perlu memikirkan efisiensi anggaran yang bisa menguntungkan negara?” ujarnya.

Indra Iskandar belum memberikan pernyataan lebih lanjut soal polemik pengadaan Gorden ini. Sebelumnya Indra mengatakan, pengadaan gorden harus dilakukan karena tirai jendela rumah dinas para anggota dewan itu tidak pernah diganti selama 13 tahun.

Indra Iskandar memang disebut-sebut akan menjadi salah satu kandidat PJ Gubernur Aceh, usai Nova Iriansyah mengakhiri masa jabatannya akhir tahun ini. Pria berdarah Pidie yang lahir di Jakarta ini, telah memegang sejumlah jabatan di pemerintahan.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS