20.6 C
Aceh

TERKINI

POPULER

© Jasa Web Design Banda Aceh : Creatv.id

Syech Fadhil Minta Dayah Perkuat Uhkuwah Islamiyah

SABANG I ACEH INFO – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, meminta seluruh pesantren atau dayah di Aceh untuk mengedepankan silaturahmi dan memperkuat uhkuwah Islamiyah di semua ajang.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Syech Fadhil ini dalam sambutannya pada penutupan perkemahan pramuka pesantren di Dayah Al Mujaddid, Sabang, Kamis 27 Oktober 2022.

“Perkemahan pramuka pesantren ini adalah salah satu ajang untuk menempa kemampuan santri, tidak hanya secara intelektual tapi juga secara sosial kemasyarakatan,” ujang sahabat Ustad Abdul Somad (UAS) di Aceh ini.

Kata Syech Fadhil, ajang lomba di kegiatan perkemahan pramuka hanyalah bagian dari silaturahmi. Kegiatan ini juga bagian dari menempa para santri dari berbagai pesantren dari seluruh daerah untuk menjadi generasi harapan Aceh kedepannnya.

“Oleh karena itu, bukan kompetisinya yang diutamakan tapi silaturahminya. Menang kalah adalah hal yang biasa. Uhkuwah islamiyahnya yang harus diutamakan,” kata Syech Fadhil lagi.

Dirinya sendiri, kata Syech Fadhil, lahir dari dayah atau pesantren seperti halnya santriwati yang ikut perkemahan pada hari ini. Pada kesempatan tersebut, sang senator mendapatkan kembali kata-kata petuah pramuka dalam bahasa arab “Ana Fatal Kasyaf”. “Udah puluhan tahun, tapi saya masih hafal, ” Ujarnya.

Dirinya yakin, kelak juga akan lahir banyak tokoh dari dayah-dayah di Aceh. Salah satunya merupakan hasil tempaan pramuka pesantren seperti yang terjadi hari ini.

“Perkuat uhkuwah islamiayah melalui silaturahim dengan kegiatan kegiatan seperti hari ini. Karena silaturahmi membuat kita menjadi satu,” ujar senator yang dekat dengan kalangan dayah di Aceh ini lagi.

“Karena satu satunya satuan komunitas gerakan pramuka pesantren yang ada di Indonesia adalah di Aceh.”

“Kedepan kalau bisa dibuat se-Sumatera atau se-Indonesia,” katanya lagi.

Sebagaimana yang diketahui, kegiatan Lomba Perkemahan Penggalang Penegak (LP3) Putri di ikuti 911 peserta dari 34 dayah di Aceh. Tahun ini kegiatan diperuntukan untuk santriwati saja.

Selain Syech Fadhil, kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh di Aceh dan Sabang.

Kedatangan Syech Fadhil sendiri disambut antusias oleh pesantren dari kalangan santriwati. Sesi penutupan juga dibarengi dengan pembagian hadiah dari berbagai aneka lomba.

Syech Fadhil yang indentik dengan peci ‘Alam Peudeung’ juga menjadi rebutan para santri untuk melakukan foto bersama.

 

Kontributor :Muhammad Syuhada

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

MINGGU INI

© Jasa Web Design Banda Aceh : Gamiah