27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Terkait Antrean BBM, Ini Kata Ketua Hiswana Migas Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Akumulasi dari sejumlah faktor dan peristiwa diduga menjadi penyebab berlarut-larutnya antrean untuk mendapatkan BBM bersubsidi di SPBU. Hal ini disampaikan Ketua Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Aceh, Nahrawi Noerdin menanggapi pemberitaan terkait makin parahnya antrian BBM di hampir semua SPBU, terutama di Kota Banda Aceh dan kota-kota utama lainnya.

“Dari sejumlah pertemuan yang digelar untuk membahas masalah ini, baik di Polda, di Kantor Gubernur, maupun di internal kami, disparitas harga BBM bersubsidi dan nonsubsidi merupakan salah satu isu yang menjadi faktor utama. Perbedaan harga yang sangat signifikan tersebut memicu terjadinya migrasi konsumen ke BBM subsidi. Migrasi ini tentu tidak hanya dipicu oleh masalah harga, tapi juga kondisi perekonomian yang memang sedang sulit dan memicu masyarakat untuk mencari alternatif pengeluaran yang lebih ekonomis,” ujar Nahrawi melalui siaran pers yang diterima acehinfo.id, Kamis, 5 Januari 2023.

Menurutnya faktor ekonomi, migrasi akibat disparitas harga, penyesuaian kuota bersubsidi, dan masa adaptasi konsumen dalam penggunaan aplikasi MyPertamina, turut memberi pengaruh terhadap berlarutnya antrean ini. Apalagi, kata dia, rentetan peristiwanya terjadi di pergantian tahun dan di musim liburan.

“Maka kota-kota yang menjadi tujuan wisata atau yang dilewati untuk menuju tempat wisata, akan mengalami peningkatan jumlah kendaraan dari tamu-tamu yang datang untuk berlibur. Jelas ini akan membuat permintaan BBM meningkat,” kata Nahrawi lagi.

Dia mengatakan semua pihak menaruh perhatian besar terhadap hal ini. Pemerintah juga telah menempuh sejumlah kebijakan, salah satunya dengan menerbitkan Surat Edaran Gubernur Aceh yang mengatur kuota bbm bersubsidi bagi masyarakat.

“Polisi kita juga melakukan monitoring ketat untuk memantau perkembangan situasi. Teman-teman di SPBU juga sudah berusaha luar biasa keras untuk melayani,” tambah pria yang akrab disapa Toke Awi tersebut.

Dia berharap BPH Migas melalui Pertamina juga segera menambah kuota bbm bersubsidi untuk Aceh. Sehingga antrean di SPBU bisa segera kembali normal. “Mudah-mudahan begitu” pungkas Nahrawi.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS