29.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Tiga Kapal Nelayan Aceh Kembali Ditangkap Kerajaan Thailand, 40 ABK Ditahan

BANDA ACEH | ACEH INFO – Sebanyak tiga unit kapal nelayan asal Aceh Timur, kembali ditangkap otoritas kerajaan Thailand dan 40 ABK ikut ditahan.

Informasi penangkapan itu disampaikan Ketua Komisi I DPRA Iskandar Usman Al-Farlaky, Senin, 9 Oktober 2023 malam.

“Berdasarkan informasi yang diterimanya kapal nelayan Aceh ditangkap saat memancing ikan di teritorial kelautan Thailand,” kata Al Farlaky, kepada acehinfo.id.

Dia menyebutkan, sebuah pesawat intai kemudian mendeteksi aktivitas mereka di sebelah barat Phuket pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Sementara pada, Minggu, 8 Oktober 2023, angktan laut Thailand menemukan tiga kapal atas nama KM Rahmat Jaya sebanyak 12 ABK, KM Ikhlas Baru sebanyak 16 ABK dan KM Kambiastar sebanyak 12 ABK di posisi 75,8 mil laut sebelah barat Laem Prom Thep

“Kasus mereka di bawah pengawalan di dermaga Kapal Ratsada di Phuket. Para ABK diserahkan ke Polisi Chalong untuk diproses lebih lanjut. Kita akan segera kirim surat resmi untuk advokasi ke Kemlu RI,” ungkap Al-Farlaky.

Padahal, kata Iskandar, kasus dua kapal sebelumnya yaini KM Cahaya Putra dan KM Salsabila yang ditahan oleh Thailand juga belum selesai, sekarang malah bertambah kasus baru dan terulang,” tandasnya.[]

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS