30.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Tujuh Cara Untuk Memperkuat Gigi Anak Anda

JAKARTA | ACEH INFO – Pertumbuhan gigi anak yang sehat merupakan hal yang sangat menentukan masuknya asupan nutrisi ke dalam tubuhnya. Ketika anak memiliki gigi yang sehat, dia tidak akan mengalami masalah dan kesulitan makan.

Sayangnya, anak memiliki kecenderungan mengonsumsi makanan yang bisa berdampak buruk pada gigi. Hal ini termasuk makanan seperti permen dan makanan manis serta minuman seperti soda yang bisa memberi dampak buruk ke gigi.

Memperkuat dan menyehatkan gigi anak ini bisa dimulai dari konsumsi makanan yang tepat. Hal ini bisa sangat membantu mencegah masalah kesehatan dan mendukung pertumbuhan buah hati.

Sejumlah makanan dan minuman bisa dikonsumsi untuk memperkuat kondisi gigi ini. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan dan minuman yang bisa membantu menyehatkan gigi.

1. Air Putih

Air putih merupakan minuman terbaik untuk menyehatkan gigi anak. Air putih cenderung memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang membantu membangun kembali email gigi dan tulang pembentuk struktur gigi.

Air juga merupakan inti dari air liur yang membersihkan gigi, melonggarkan plak, serta membuat gusi tetap basah. Air liur juga memiliki kandungan yang bisa melawan bakteri dalam mulut dan menetralkan asam di dalam mulut.

2. Sayur Tinggi Serat

Sayuran dengan tekstur renyah dan berserat bisa membantu membersihkan gigi dari plak yang menempel ketika dikunyah. Sayuran seperti seledri, wortel, brokoli, buncis, atau kacang panjang bisa sangat membantu anak dalam menjaga kesehatan gigi.

3. Makanan Kaya Protein dan Mineral

Makanan dengan kandungat vitamin A, C, dan D, serta kalsium dan fosfor yang tinggi bisa berdampak baik bagi gigi anak. Vitamin A dan C bisa menghilangkan bakteri penyebab radang gusi, sementara kandungan lainnya bisa membangun kandungan gigi yang kuat.

Kalsium bisa membantu menurunkan kadar asam yang menempel pada email gigi anak. Oleh karena itu, makanan dengan berbagai kandungan tersebut sangat disarankan demi kesehatan gigi anak.

4. kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan vitamin dan mineral tinggi di dalamnya. Makanan ini juga memiliki kandungan lemak dan minyak alami yang melapisi gigi anak dengan perlindungan dari bakteri.

5. Vitamin C

Vitamin C bisa melawan bakteri di mulut yang mengubah gula menjadi asam penyebab masalah mulut. Walau begitu, perhatikan juga konsumsinya terutama karena sebagian buah dengan kandungan vitamin C memiliki tingkat asam yang cukup tinggi.

6. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti keju dan yogurt memiliki kandungan tinggi kalsium, vitamin D, dan fosfor. Kandungan ini bisa memperkuat gigi anak dan meindungi email gigi mereka. Selain itu, kandungan ini juga meningkatkan produksi air liur dan bisa membantu membersihkan gigi.

7. Permen Karet Bebas Gula

Secara umum, sebenarnya permen karet bisa berbahaya bagi gigi anak terutama ketika kandungan gula di dalamnya cukup tinggi. Namun, hal yang berbeda bisa terjadi pada permen karet bebas gula yang bisa membunuh bakteri di dalam mulut anak.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut bisa membantu dalam memperkuat dan menyehatkan gigi anak. Walau begitu, pastikan juga anak tetap memeriksakan gigi mereka ke dokter secara rutin.[]

spot_img
Kontributor :Merdeka.com

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS