27.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Warga Mane Curhat Soal Bank dan Tower Komunikasi ke Syech Fadhil

MANE | ACEHINFO – Warga di 4 desa dalam kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, curhat soal tidak adanya jaringan telekomunikasi di daerah mereka.

Hampir 77 tahun Indonesia merdeka, warga di Mane mengaku masih sulit untuk menjalin komunikasi dengan warga di luar. Imbasnya, warga 4 desa di Mane, mengaku tidak mengetahui kondisi di luar ketika berada di kecamatan tersebut.

Hal ini disampaikan para tokoh di Mane kepada Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, saat berkunjung ke daerah tersebut selama dua hari, Kamis dan Jumat, 20-21 Juli 2023.

“Di sini tak ada sinyal. Masyarakat 4 desa di Mane tidak bisa berkomunikasi dengan warga di luar. Kecuali keluar dari kecamatan Mane. Ini sudah terjadi sejak Indonesia merdeka hingga sekarang,” kata Teungku Amat, tokoh setempat.

“77 tahun Indonesia merdeka, tapi kami merasakan belum merdeka,” ujarnya lagi.

Samsuar, 38 tahun, warga setempat menambahkan, keadaan ini karena Mane tidak memiliki tower telekomunikasi. Hal ini menyebabkan warga yang tinggal di Mane sulit memperoleh sinyal handphone.

“Jaringan hanphone di Tangse dan Geumpang, ada. Sementara di Mane tidak ada. Ini karena satu satunya tower yang dibangun di Mane berada di perbatasan Geumpang. Dekat kompi. Sinyal di sana sulit diakses di sini,” ujarnya.

“Karena tidak memiliki sinyal handphone. Maka bank di sini juga tidak ada. Kalau perlu apa-apa, terpaksa ke Tangse,” ujarnya lagi.

Keduanya berharap Syech Fadhil mau menyuarakan aspirasi warga Mane agar pemerintah segera membangun tower komunikasi di kecamatan Mane.

Terkait hal ini, Syech Fadhil, mengaku menampung aspirasi dari warga setempat.

“Kita akan berjuang bersama-sama. Sehingga warga di Mane dapat benar-benar merdeka seperti daerah lainnya di Indonesia. Memperoleh akses informasi sebagaimana warga daerah lainnya. Pemerintah harusnya memberi penanganan segera terkait hal ini,” ujarnya.

Syech Fadhil sendiri berkunjung ke Mane dalam rangka menjadi khatib khutbah Jumat di Masjid Alue Ladong, Mane. Selain itu, Syech Fadhil juga menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Usai Jumat, Syech Fadhil juga mengunjungi rumah Ibnu Hajar, 34 tahun, pemuda yang mengalami kelumpuhan usai tertinbum tanah saat mendulang emas di Gunung Mane. Kemudian Syech Fadhil dan rombongan juga berziarah ke makam Abu Keunee di Geumpang.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS