28.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Warga Nalon Curhat Soal Saluran Air ‘Asal-asalan’ Penyebab Banjir ke Syech Fadhil

SERBAJADI | ACEHINFO – Sejumlah warga Desa Nalon, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, bersilaturahmi dengan Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MA, atau akrab disapa Syech Fadhil, Senin sore 25 Juli 2023.

Silaturahmi digelar di sela sela kegiatan Syech Fadhil yang hendak melintas ke Gayo Lues melalui jalur Lokop-Pining.

Silaturahmi berlangsung di salah satu Warkop di Kampung Nalon. Kegiatan dihadiri tetua kampung dan belasan pemuda desa setempat.

Abdul Kadis, salah seorang warga setempat, mengatakan salah satu penyebab banjir yang sering terjadi di Nalon adalah pembangunan saluran air di samping proyek jalan multiyear yang rusak dan tak kunjung diperbaiki.

Imbasnya, kata dia, ketika musim hujan tiba, saluran air tersebut tak mampu menahan debit air dan akhirnya meluap ke rumah warga, termasuk Polsek Serbajadi.

“Kami sudah beberapa kali menyampaikan kepada pihak pengerja tapi tak kunjung diperbaiki,” ujarnya.

Usai pertemuan, warga juga mengajak Syech Fadhil ke lokasi yang dimaksud. Di sana, terlihat gorong-gorong yang membelah jalan multiyear. Namun lubang saluran yang dibangun sangat sempit dan terkesan asal-asalan.

“Ini di tengahnya sudah patah. Airnya tak bisa menembus ke sebelah. Jadi kalau hujan turun, menyebabkan banjir ke pemukiman,” ujar salah seorang warga.

Terkait hal ini, Syech Fadhil meminta warga untuk menyurati gubernur Aceh dan dinas terkait.

“Sampaikan persoalan ini kepada gubernur dan dinas terkait dalam surat dan cc ke saya. Saya juga akan menyurati hal yang sama,” ujar Syech Fadhil.

Sebelumnya diberitakan, puluhan rumah di Kecamatan Serbajadi direndam air usai hujan mengguyur daerah tersebut di awal tahun ini.

Banjir bandang merendam rumah penduduk Desa Nalon di sekitar kantor Pos Polisi Lokop kecamatan Serbajadi.

“Penyebab kebanjiran tersebut diduga dikarenakan adanya saluran atau gorong-gorong jalan Perlak Lokop di segmen 2 yang rusak dan belum diperbaiki oleh kontraktor proyek segmen 2. Padahal sudah berulang kali disampaikan oleh masyarakat kepada petugas lapangan. Namun sampai saat Ini belum ada tanggapan dari pihak terkait sehingga saluran tersebut tersumbat dan membuat air hujan tergenang merendam rumah penduduk sekitarnya,” kata Aji Akbar, warga setempat.

Aji Akbar mewakili masyarakat memohon kepada PT Sumber Sari atau Medan Semart Jaya (MSJ) selaku pengerja proyek segmen 2 agar dapat kiranya segera mengecek ke lapangan dan memperbaikinya.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS