27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Warga Terus Berdatangan Melayat ke Rumah Almarhum Faisal Ridha 

BANDA ACEH | ACEH INFO – Innalillahi wa innailaihi raji’un. Ratusan warga sejak tadi siang hingga malam ini terus berdatangan melayat ke rumah duka almarhum Faisal Ridha, di Desa Ujong Blang, Kecamatan Kutablang, Bireuen, Aceh, Rabu (23/3/2022).

Almarhum Ketua Gerbang Tani Aceh, Faisal Ridha, dikenal akrab dengan masyarakat serta memiliki kerabat yang cukup banyak. Baik di kampung halamannya maupun dari luar daerah.

Tokoh Sentral Informasi for Referendum Aceh (SIRA) ini, juga dikenal sebagai salah satu tokoh muda perdamaian antara GAM dan RI saat konflik Aceh.

Almarhum Faisal Ridha juga dekat dengan mantan-mantan petinggi GAM, seperti almarhum Tgk Hasan Cik Ditiro dan tokoh petinggi GAM lainnya.

Pasalnya, semasa hidupnya, Faisal Ridha aktif dalam memperjuangkan perdamaian Aceh. Bahkan mantan aktivis SIRA ini sangat terkenal namanya bersama mantan Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar saat masyarakat Aceh meminta pisah atau Referendum dari Pemerintah Indonesia.

*Abang kami sudah dikebumikan di pemakaman keluarga di Desa Ujong Blang, Kutablang, kami mohon doa agar bang Faisal ditempatkan disisi Allah SWT,” pinta Farizal, adik kandung Faisal Ridha kepada Acehinfo.id, Rabu (23/3/2022) sore.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Faisal Ridha meninggal dunia di RSUD dr Fauziah Bireuen, Rabu (23/3/2022) pukul 13.00 WIB.

Almarhum Faisal Ridha selama ini menderita lambung hingga stroke ringan. Beliau sudah berulang kali keluar masuk rumah sakit.

Sehari sebelum menghembuskan nafas terakhir, tokoh Sentral Informasi for Referendum Aceh (SIRA) ini, sempat mendapat petuah dari Ulama Kharismatik Aceh, Abu Kuta Krueng, di kediaman Abu Kuta, di Ulee Glee, Pidie Jaya.

Saat berkunjung ke rumah Abu Kuta Krueng, almarhum ditemani istri dan anak-anaknya serta adik dan keluarga lainnya. Ikut juga anggota DPR RI, H Ruslan M Daud (HRD).

Acehinfo.id yang ikut bersama rombongan keluarga Faisal Ridha ke rumah Abu Kuta Krueng, almarhum mendapat petuah dan didoakan oleh ulama kharismatik Aceh asal Ulee Glee Pidie Jaya ini.

Sejak beberapa tahun ini, Faisal Ridha aktif sebagai tenaga ahli (TA) H Ruslan M Daud, anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), di Senayan Jakarta.

Faisal Ridha lahir di Dayah Masjid pada 26 Desember 1974 silam, merupakan anak pasangan Murdani ben Ahmah dan Nurhayati binti Umar.

Alumni Fakultas Adab IAIN Ar Raniry Banda Aceh tersebut semasa hidup dikenal aktif di sejumlah organisasi. Dia juga pernah menjabat sebagai Presidium SIRA sejak 1998, yang memobilisasi massa ke Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada masa lalu.

Semasa hidupnya, dia juga pernah menjabat sebagai Juru Bicara SIRA yang mengecam mobilisasi militer ke Aceh jelang dialog RI dan GAM di Bavao, Swiss. Di masa damai, almarhum juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Majelis Tinggi partai lokal SIRA sejak Desember 2007 hingga November 2011.

Pada tahun 2014, Faisal Ridha juga pernah menjadi Juru Bicara Tim Kampanye Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk Provinsi Aceh. Dia juga pernah menjadi calon legislatif Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk DPR RI Nomor Urut 2 dari Dapil Aceh 2.

Sebagai aktivis SIRA, almarhum juga terlibat dalam Rancangan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh. Selamat jalan bang Faisal Ridha, kita doakan Almarhum ditempatkan di sisi Allah SWT. Aamiin.

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS