28.7 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Waspada! Banjir Masih Ancam Aceh

ACEH TIMUR | ACEH INFO – Sejumlah wilayah di pesisir timur Aceh masih terendam banjir. Intensitas hujan yang tinggi dan berkurangnya wilayah serapan air, membuat beberapa wilayah di Aceh kini masuk sebagai wilayah rawan banjir.

Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, wilayah pesisir timur Aceh masih berpotensi hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa (1/3). Di Aceh Utara dan Aceh Timur, hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi siang dan malam hari. Suhu udara diprediksi berkisar antara 23 hingga 30°C.

BMKG juga meminta masyarakat Subulussalam, Bireun, Aceh Besar, Aceh Tengah, Aceh Jaya, Aceh Barat, Bener Meriah, Pidie Jaya Simeulue, Aceh Selatan, Gayo Lues, dan Nagan Raya, mewaspadai potensi hujan lebat yang akan mengakibatkan banjir.

“Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat dan angin kencang di wilayah-wilayah tersebut,” tulis BMKG di situs resminya.

Sejak Kamis pekan lalu, banjir telah melanda wilayah Aceh Timur. Badan Penangulangan Bencana setempat menyebut, 3.519 orang warga di 13 Kecamatan harus mengungsi.

13 kecamatan itu yakni, Indra Makmur, Julok, Darul Aman, Ranto Peurelak, Nurussalam, Peurelak Timur, Banda Alam, Peudawa, Sungai Raya, Madat, Idi Timur, Peunaron, dan Idi Tunong.

Sementara 7 Kecamatan di Aceh Utara, yakni Kecamatan Matangkuli, Pirak Timu, Lhoksukon, Cot Girek, Tanah Luas, Langkahan, Seunuddon, dan Baktiya juga dikepung banjir. Seribuan rumah warga terendam banjir dengan ketinggian 50 hingga 80 centimeter akibat meluapnya sejumlah sungai.[dr]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS