29.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

210 Ribu Kenderaan Melintas Jalan Tol HK Setiap Hari

PEKANBARU | ACEH INFO – Hingga 31 Oktober 2023 lalu lintas kenderaan di jalan tol Hutama Karya tercatat lebih 210 ribu kenderaan per hari.  Peningkatan signifikan terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sebesar 15% dari periode yang sama di tahun 2022, semula 49 ribu kendaraan setiap harinya menjadi 56 ribu kendaraan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa trafik tertinggi di JTTS terdapat di Tol Pekanbaru – Dumai dengan total trafik sebesar 16.000 kendaraan.

“Tingginya trafik tersebut didukung dengan tingginya minat masyarakat Provinsi Riau untuk mempersingkat waktu tempuh ke tempat kerja maupun untuk sekedar berlibur saat akhir pekan,” tutur Tjahjo.

Baca Juga: Panwaslih Aceh Utara Tertibkan Alat Peraga Kampanye 

Tjahjo menambahkan, trafik di ruas lainnya masih cukup stabil diantaranya yakni ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sebanyak 14.000 ribu kendaraaan, ruas Palembang – Indralaya sebanyak 8.400 kendaraan, ruas Binjai – Langsa sebanyak 8.200 kendaraan, Ruas Pekanbaru – Bangkinang sebanyak 4.700 kendaraan, Sigli – Banda Aceh sebanyak 3.000 kendaraan, dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung sebanyak 1.500 kendaraan.

“Dengan terus bertambahnya ruas-ruas baru yang dioperasikan serta didukung dengan infrastruktur yang terpelihara dengan baik dan pelayanan yang optimal, Hutama Karya memastikan bahwa trafik JTTS akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Kami berkomitmen untuk terus dapat menyediakan infrastruktur transportasi yang andal dan aman bagi masyarakat,” tambahnya.

Hutama Karya memprediksi hingga akhir tahun ini, trafik JTTS akan meningkat hingga 19% (YoY) dan akan dilintasi sebanyak lebih dari 59 ribu kendaraan setiap harinya. Perusahaan optimis target tersebut akan tercapai terutama pada saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) dimana pada saat libur akhir tahun, trafik jalan tol diperkirakan akan meningkat signifikan.

Baca Juga: Seorang Warga Aceh Tamiang Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Saat ini kami tengah mempersiapkan layanan Nataru dengan melakukan pemeliharaan rutin di seluruh ruas tol khususnya di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan Tol Pekanbaru – Dumai, dengan menggunakan metode pemeliharaan Scraping, Filling & Overlay (SFO) dan rekonstruksi beton rigid. Selain itu, kami juga mempersiapkan personil siaga, fasilitas tambahan lainnya dan strategi anti-macet demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol,” tutup Tjahjo

Hingga November 2023 ini, Hutama Karya telah mengoperasikan sepanjang 708 km jalan tol yang terdiri dari Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (140 Km), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (189 Km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (18 Km), Tol Palembang – Indralaya (22 Km), Tol Indralaya – Prabumulih (64,5 Km), Tol Pekanbaru – Dumai (132 Km), Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 Km), Tol Medan – Binjai (17 Km), Tol Binjai Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) & Seksi 2 Segmen Stabat – Kwala Bingai (19,5 Km) dan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 2 – 6 (Seulimeum – Baitussalam) (50 Km) serta Tol JORR Seksi S (14,25 Km) dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP) (11,4 Km) yang berada di Pulau Jawa.

Baca Juga: Aceh Barat Juara Pertama Lomba Perahu Hias PKA

Saat ini Tol Bakauheni – Terbanggi Besar dioperasikan oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tollroad dan Tol Medan – Binjai dikelola oleh PT Medan – Binjai Tollroad yang merupakan anak perusahaan PT Indonesia Investment Authority sehingga sudah tidak dikelola oleh Hutama Karya. Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS