28.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Ada Festival Layang-layang di Sabang

SABANG | ACEH INFO – Puluhan masyarakat Sabang antusias mengikuti permainan tradisonal layang-layang dalam menyemarakkan Ujung Barat Festival tahun 2022 di Lapangan Sepak Bola Gampong Keuneukai.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, membuka langsung Festival Layang-Layang tersebut dengan penuh semangat. Dia bahkan ikut menerbangkan layang-layang tersebut secara simbolis.

Reza Fahlevi mengatakan, permainan layang-layang yang dilaksanakan pada hari ini merupakan bagian dari Ujung Barat Festival, dengan tujuan mempromosikan potensi wisata melalui nilai-nilai tradisional dan kearifan lokal.

“Hari ini kita mengikuti permainan tradisional khasnya masyarakat Aceh, yaitu layangan atau sering disebut layang kleung. Ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Ujung Barat Festival, sebagai upaya mempromosikan keunggulan desa-desa wisata yang ada di Sabang, salah satunya melalui permainan tradisional ini,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, Minggu, 11 Desember 2022 sore.

Lebih lanjut dikatakan, potensi pariwisata yang ada di Sabang tidak hanya berupa wisata bahari saja, melainkan juga berasal dari berbagai potensi lainnya yang bisa digali seperti tradisi, budaya, sejarah, dan sebagainya.

Ada Festival Layang-Layang Di Sabang

“Saya pikir kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus ada di Sabang untuk menambah daya tarik bagi wisawatan. Sabang ini punya banyak sekali daya tarik, tapi mungkin yang selama ini lebih dikenal bahari nya, padahal bukan itu saja, ada banyak hal yang bisa dikembangkan lagi seperti dari sisi tradisi, budaya, sejarah, dan salah satunya kita lihat pada hari ini,” tambahnya.

Festival layang-layang ini berlangsung dengan meriah dan disaksikan para penonton dari pinggir lapangan, bahkan hingga memadati sepanjang jalan selama perlombaan itu dilaksanakan.

Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Inggris yang telah lama menetap di Kota Sabang, Lesley mengatakan sangat antusias menyaksikan beragam atraksi seni dan budaya lokal yang disuguhkan pada Ujung Barat Festival.

“Senang sekali bisa datang ke Ujung Barat Festival, semuanya tampak bagus, ada banyak sekali aktivitas dan stand-stand handycraft, ada juga produk-produk dari desa Jaboi, jadi sangat menginspirasi. Sekarang ada Fesrival Layang – Layang yang sangat unik, saya senang dengan adanya acara seperti ini,” terangnya.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS