28.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Amal Hasan: Perlu Ada Lompatan Untuk Penguatan Ekonomi Barsela

BANDA ACEH | ACEH INFO – Upaya kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya dengan PT Trans Continent dalam pengelolaan pelabuhan Calang, dinilai sebagai sebuah momentum dan lompatan yang dilakukan Pj Bupati Nurdin. Perlu banyak lompatan untuk pembangunan ekonomi di kawasan barat selatan Aceh (Barsela) tersebut.

Hal itu disampaikan  Ketua Ikatan Keluarga Aceh Jaya (Ikajaya) Amal Hasan yang ikut hadir pada  ekspose kerja sama mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi melalui pengelolaan pelabuhan Calang dan pengembangan kawasan industry, Minggu, 30 Juli 2023 di kantor Trans Continent di Beurandeh, Kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar.

“Ini momentum yang bagus untuk pembangunan, bukan hanya untuk pembangunan ekonomi Barsela saja, tapi juga pembangunan ekonomi yang lebih luas. Kita perlu membuat lompatan untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah. Ini salah satu lompatan yang dilakukan Pj Bupati Nurdin. Perlu banyak lompatam lompatan lain yang harus dibuat untuk merealisasikannya, Trans Continent kita harap bisa menjembatani untuk itu melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah,” jelas mantan Direktur Bank Aceh tersebut.

Baca Juga: Amal Hasan Pimpin Ikajaya

Amal Hasan yang juga Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuaa (Ikafensy) ini menambahkan, pihaknya mendukung pemanfaatan fasilitas pelabuhan Calang menjadi pelabuhan komersial untuk mendukung berbagai kegiatan ekonomi wilayah di kawasan Barsela.

“Kita sangat mendukung gagasan kerjasama yang digagas oleh PT Trans Continent dengan Pemkab Aceh Jaya dalam pengelolaan dan operasional pelabuhan Calang, terutama untuk mendukung kelancaran operasional arus logistik, baik yang dipasok atau yang dikeluarkan dari dan ke kawasan Barsela,” tambah Ketua Perhumas Aceh tersebut.

Amal Hasan sangat yakin, jika pelabuhan Calang bisa dikelola dan dimanfaatkan menjadi pelabuhan komersial, maka ini akan menjadikan kawasan Barsela sebagai episentrum ekonomi baru di Aceh. Akan banyak manfaat secara ekonomi yang saling menguntungkan bagi seluruh stakeholder di kawasan tersebut.

Baca Juga: Jangan Sampai Offside Wacana Bank Konvensional Kembali ke Aceh

Amal Hasan berharap optimalisasi pengelolaan, pemanfaatan, dan pengembangan berbagai fasilitas pelabuhan Calang menjadi pelabuhan komersial, bisa menstimulasi berbagai aktivitas ekonomi masyarakat lainnya, terutama Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) di Aceh Jaya, serta akan membuka banyak kesempatan dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

“Kondisi ini pada waktunya bisa dipastikan akan menjadikan atmosfer ekonomi Aceh Jaya menjadi lebih cepat berkembang dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Multiplier effect dari beroperasinya pelabuhan Calang menjadi pelabuhan komersial salah satunya akan terjadi peningkatan kapasitas ekonomi dan industri di daerah secara signifikan dan akan terbangun ekosistem ekonomi terintegrasi dari hulu ke hilir,” pungkasnya.[]

Baca Juga: IMTGT Varsity Carnival Dapat Mengubah Paradigma Berpikir Mahasiswa

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS