28.9 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Dua Gempa Bumi Kembali Guncang Hatay Turkiye

ANKARA | ACEH INFO – Dua gempa bumi mengguncang provinsi Hatay, selatan Turkiye, pada Senin malam, dua minggu setelah dua gempa besar melanda provinsi Kahramanmaras, kata badan penanggulangan bencana negara itu.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana dan Kondisi Darurat (AFAD) Turkiye, satu gempa bermagnitudo 6,4 terjadi pukul 20.04 waktu setempat di distrik Defne, provinsi Hatay, sementara lainnya terjadi tiga menit kemudian, dengan pusat gempa di distrik Samandag di Hatay dengan kekuatan M 5,8.

Gempa pertama terjadi di kedalaman 16,7 kilometer, sedangkan yang kedua terjadi di kedalaman 7 km. Kedua gempa tersebut turut dirasakan wilayah di sekitarnya.

Gempa dahsyat yang melanda selatan Turkiye dua minggu lalu, meski berpusat di provinsi Kahramanmaras, 100 kilometer dari Hatay, telah menyebabkan kerusakan parah di Hatay.

AFAD mengeluarkan peringatan mendesak warga untuk menghindari daerah pesisir pantai guna mencegah risiko kenaikan permukaan laut, yang bisa mencapai hingga 50 cm.

Wakil Presiden Turkiye Fuat Oktay meminta warganya di wilayah terdampak gempa agar menjauh dari bangunan yang rusak.

Koresponden Anadolu di lapangan melaporkan bahwa beberapa bangunan runtuh setelah gempa bumi terbaru, yang juga dirasakan di negara tetangga seperti Suriah dan Lebanon.

Pada 6 Februari, gempa berkekuatan M 7,7 dan 7,6 yang berpusat di Kahramanmaras juga berdampak pada 10 provinsi lainnya, yaitu; Hatay, Gaziantep, Malatya, Sanliurfa, Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Kilis, Osmaniye, dan Elazig.

Lebih dari 13 juta orang terkena dampak gempa dahsyat tersebut.

Setidaknya 41.100 orang tewas akibat dua gempa besar itu di Turkiye, menurut laporan resmi terbaru dari pihak berwenang.[] Sumber: Anadolu Agency

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS