27.8 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

‘Harta Karun’ Migas di Aceh Jadi Incaran Dunia’

JAKARTA | ACEH INFO – SKK Migas memiliki strategi untuk mendorong produksi gas lewat sejumlah proyek. Untuk jangka panjang (long term), SKK Migas akan mendorong produksi di perairan Andaman, Aceh.

Tenaga Ahli Lingkungan SKK Migas Mohammad Kemal mengatakan Andaman terdiri dari beberapa wilayah kerja (WK) migas. Dia mengatakan, penemuan cadangan migas di wilayah tersebut telah menarik perhatian dunia internasional.

Menurut Kemal, para ahli memperkirakan ada cadangan raksasa di wilayah tersebut.

“Untuk long term-nya di atas 2028 kita akan melihat dari potensi-potensi eksplorasi, yang paling besar tentunya adalah di Andaman Integrated. Di sana ada beberapa WK yang kemarin temuan dari Timpan 2 itu mengundang banyak atensi dari dunia internasional, dari pada geolog-geolog internasional, yang memperkirakan bahwa di sana bisa ditemukan giant discovery,” terangnya Gas Bumi Menjadi Transisi Energi, Jumat, 17 Maret 2023.

Di penghujung 2022 lalu, Kementerian ESDM sempat menyampaikan perkembangan penemuan cadangan minyak dan gas bumi (migas) di wilayah utara Aceh atau Sumatera Utara. Ladang migas itu mencakup Andaman I, Andaman II, Andaman III dan South Andaman

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjelaskan, total sumber daya di Andaman mencapai 4,865 miliar barel setara minyak.

“Dapat kami sampaikan untuk total sumber daya area Andaman terakumulasi sebesar 4,86 miliar barel oil equivalent, dengan rincian discovery 260 juta barel equivalent, prospect 1,97 miliar barel equivalent, dan lead 2,63 miliar barel equivalent,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII pada 13 Desember 2022.[]

Sumber : Detik

Editor : Izal Syafrizal

 

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS