27.5 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

JK: Pemberontakan Aceh Bukan karena Agama

JAKARTA | ACEH INFO – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut pemberontakan yang pernah dilakukan warga Aceh tidak disebabkan persoalan agama, melainkan ketidakadilan ekonomi.

Hal ini JK ungkapkan saat membahas sejarah pemberontakan besar sepanjang lebih dari 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

“Orang Aceh pikir masalah agama, tidak, itu masalah ketidakadilan ekonomi,” jelas JK dalam acara Rakernas PKS di salah satu hotel di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin, 31 Januari 2022.

Menurut JK, 10 dari 15 pemberontakan besar yang terjadi selama 75 tahun lebih kemerdekaan Indonesia dipicu oleh ketidakadilan.

Pemberontakan besar itu antara lain pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PPRI) yang meletus 15 Februari 1958, Negara Islam Indonesia (NII), hingga pemberontakan warga Aceh.

“Dari 15 konflik pemberontakan yg besar terjadi di Indonesia, selama 75 tahun itu, 10 karena ketidakadilan,” kata JK.

Karenanya, untuk menghindari konflik tersebut keadilan harus ditegakkan. Ia juga menyebut bahwa dalam Pancasila, hanya kata ‘adil’ yang sampai disebut dua kali, yakni pada sila kedua dan kelima.

JK lantas mengingatkan pemimpin dan masyarakat harus mengupayakan keadilan terwujud. Sebab, tanpa keadilan malah akan timbul perpecahan di kalangan masyarakat.

“Jadi bayangkan, adil itu mempunyai suatu makna yang besar sekali dalam kehidupan kita,” ujar JK.

“Tanpa keadilan maka akan terjadi perpecahan kita ini, di situ letak masalahnya bangsa ini,” imbuhnya.[]

spot_img
Kontributor :CNN Indonesia

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS