28 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Kala Abang Becak Beradu Pemahaman Al-Quran di NasDem Aceh

Ada yang beda di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Aceh, Selasa, 11 April 2023. Sebayak 12 abang becak dari perwakilan empat kelompok, mengikuti adu kemampuan pemahaman Alquran.

Acara cerdas cermat religi dengan tema lebih dekat dengan Alquran itu digelar Liga Mahasiswa NasDem di Aula lantai 4 Kantor DPW NasDem Aceh di Pangoe, Kecamatan Uleekareng, Kota Banda Aceh.

Ke-12 abang beca yang ikut cerdas cermas tersebut adalah: Khairul, Fami, Safari Ramadhan (kelompok A), Maimun, Abdul Muthaleb, Budiman Ibrahim (Kelompok B), Aufa, Ramadhan,  Dedy Aprila (Kelompok C), serta Firdaus, Ridwan, Syahrul (Kelompok D).

Sebelum cerdas cermat dimulai, Ketua DPW NasDem Aceh, Teuku Taufikulhadi dalam sambutannya menjelaskan, memahami Alquran merupakan kewajiban bagi setiap muslim dari semua kalangan, tak terkecuali tukang becak. Ia sangat mengapresiasi kemampuan setiap orang dalam memahami Alquran.

“Jarang sekali cerdas cermas diikuti oleh abang becak. Semua komunitas di Aceh ini seperti nelayan dan lainnya semua bisa memahami Alquran sengan baik. Cerdas cermat ini unik karena pesertanya abang becak. Tema berkaitan dengan Alquran dilaksanakan dalam bulan Ramadhan bulan diturunkannya Alquran,” jelas Taufikulhadi.

Sejak babak awal cerdas sudah berlangsung seru. Masing-masin kelompok secara bergiliran diwajibkan menjabab sepuluh pertanyaan terkait Alquran. Kelompok A yang mendapat giliran pertama berhasil menjawab kesemua pertanyaan hingga mengumpulkan poin 1.000.

Sementara kelompok B hanya mampu menjawab 5 pertanyaan pada sesi pertama, kelompok C enam pertanyaan, dan kelompo D juga berhasil menjawab kesepuluh pertanyaan yang diajukan panitia.

Dominasi kelompok A dan D kembali berlanjut pada babak kedua, setiap kelompok diberikan tiga pertanyaan, dan jika jawabannya salah akan dilimpahkan ke kelompok lain. Begitu juga pada babak rebutan, kelompok A dan D saling kejar, sementara kelompok B dan C sedikit keteteran. Hingga semua babak berakhir kelompok A berhasil keluar sebagai juara pertama dengan poin 3.000. kelompok D juara kedua dengan raihan poin 1.950, kelompok C juara ketiga dengan poin 1.500. dan kelompok B juara keempat dengan poin 700.

Masing-masing medapat hadiah uang tunai dan piala. Hadiah utuk juara pertama dari Kelompk A diserahkan langsung Ketua DPW NasDem Aceh Teuku Taufikulhadi, hadiah untuk juara kedua diserahkan Ketua DPD NasDem Banda Aceh Heri Julius.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS