26.1 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

33 Ulama Thailand Pelajari Pelaksanaan Syariah Islam di Aceh

BANDA ACEH | ACEH INFO – Rombongan Majelis Ulama Thailand berkunjung ke Mahkamah Syariah Aceh, Kamis, 16 November 2023. Rombongan 33 orang ulama dari negeri gajah putih itu dipimpin oleh  Tuan Guru H. Abdullah dan H. Zakaria. Mereka diterima oleh  Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Dr. H. Darmansyah Hasibuan, SH., MH di Aula Hasballah Lt. III Mahkamah Syar’iyah Aceh.

Pertemuan ini juga disaksikan secara daring oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Dr. Drs. H. Rafiuddin, M.H. yang sedang kunjungan kerja di MS Kutacane bersama Hilman Lubis SH Sekretaris MS Aceh. Kegiatan ini juga diikuti Hakim Tinggi, Ketua dan Hakim seluruh Mahkamah Syar’iyah Kab/Kota se Aceh via zoom serta pejabat struktural dan fungsional Mahkamah Syar’iyah Aceh.

 Dalam sambutannya Dr. Drs. H. Rafiuddin, M.H. menyampaikan bahwa kedatangan rombongan Majelis Ulama Sanggara Thailand merupakan suatu kehormatan, kebanggaan dan kemuliaan telah bersilaturrahmi ke MS Aceh.

 Baca Juga: Utang Luar Negeri Indonesia Turun/

Berkaitan dengan pelaksanaan Syariat Islam, kata Rafi’uddin, pada prinsipnya sama dengan pelaksanaan syariat Islam di Indonesia, namun untuk Aceh mempunyai kekhususan dengan adanya Mahkamah Syar’iyah (MS) sebagai Qadha yang menangani 10 jenis perkara, sesuai dengan Qanun Nomnor 6 Tahun 2014 yang merupakan kekhususan di Aceh untuk pelaksanaan Syariat Islam yang berbeda dengan peradilan di luar Aceh.

Rafiuddin mereferensikan, Aceh terdiri dari 23 kabupaten/kota, dan satu Mahkamah Syar’iyah tingkat banding dan 23 Mahkamah Syar’iyah Kab/Kota. “Jadikan pertemuan ini sebagai jalinan silaturrahmi, dan kita juga saling bertukar pikiran, pengalaman dalam hal pelaksanaan syariat Islam, pengalaman ini tentunya sangat berharga bagi kami, dan acara dibuka dengan Bismillahirrahmanirrahim,” tuturnya.

Selanjutnya Tuan Guru H. Abdullah Rais Jami’ah Majelis Ulama Sanggara Thailand Tuan Guru H. Abdullah mengucapkan terima kasih atas lawatan Mahkamah Islamiah wilayah Tenggara Thailand dan rombongan dengan tujuan bersilaturrahim sebagai sunnah Rasulullah SAW.

“Kedatangan kami untuk melihat keadaan pelaksanaan syariat Islam di Aceh, kami bangga dengan Aceh yang berhasil bangkit dari Tsunami dan menjadi contoh bagi banyak negara, khususnya bagi kami di Thailand,” ucapnya.

Baca Juga: DPO Kasus Sabu Diringkus-Polisi/ 

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Dr. H. Darmansyah Hasibuan, SH, MH. memaparkan secara singkat terkait dengan kedudukan, kewenangan dan penanganan perkara Perdata dan Jinayat di Mahkamah Syar’iyah.

Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait dengan pelaksanaan syariat Islam di Aceh oleh Mahkamah Syar’iyah dan diakhiri dengan cloosing Statment dari Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh seta doa oleh Panitera MS Xeh, Drs. Abdul Khalik, SH., MH.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS