28.6 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Kemenag Aceh Launching Kampung Moderasi Beragama

IDI | ACEH INFO — Kementerian Agama melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh melakukan Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Gampong Bukit Tiga, Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, Senin, 24 Juli 2023.

Acara diawali dengan peusijuk Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs. Azhari dan Pj Bupati Aceh Timur, Ir. Mahyuddin, M.Si oleh tokoh adat setempat yang dilanjutkan dengan sambutan tari ranub lampuan.

Ketua Panitia yang merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur, H. Salamina, S.Ag, MA dalam laporannya menyampaikan alasan ditetapkannya Simpang Tiga sebagai Kampung Moderasi karena masyarakatnya yang multi kultural dan multi bahasa.

Menurutnya, dukungan stakeholder juga membuka ruang bagi penguatan Moderasi Beragama yang konsepnya sudah diinisiasi sejak  2020 leh Kementerian Agama dengan  berbagai kegiatan penguatan dan memberi pemahaman kepada seluruh jajaran. Tahun depan, 2024 merupakan tahun aksi. “Moderasi merupakan sikap tidak radikal dan tidak pula liberal. Moderasi itu berpikir moderat,” tegas Salamina.

Sementara Pj Bupati Aceh Timur, Ir  Mahyuddin, M.Si dalam sambutannya memaparkan bahwa Moderasi Agama merupakan langkah strategis yang perlu diupayakan terus agar tercapainya pemahaman yang benar tentang praktek beragama. “Ini upaya yang perlu dilakukan agar kita semua mempunyai pemahaman yang sama dan benar tentang praktek beragama,” ujar Mahyuddin.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. Azhari dalam arahannya mempertegas bahwa moderasi beragama bukan memoderasi agama. Agama kita Islam sudah sangat sempurna, jadi tdak perlu dirubah. Tapi moderasi itu tentang cara pandang.

“Bagaimana agar kita memiliki cara pandang yang moderat dalam hidup beragama dan sikap kita terhadap orang-orang yang berbeda agama. Kita boleh beda agama, tapi kita akan disatukan oleh budaya. Jadi kita ambil jalan tengah, yang sedang-sedang saja. Karena sebaik-baik perbuatan adalah yang pertengahan, kata Nabi,” ujar Azhari.

Launching KMB ditandai dengan secara simbolik dan bersama-sama membuka tirai pamflet KMB pada pukul 11.50 WIB kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat KMB kepada Keusyik Gampong Simpang Tiga, Siswanto. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustaz H.M Fadhil Rahmi, Lc, MA yang merupakan Anggota DPD RI asal Aceh. Acara digelar dengan meriah dengan nuansa keberagaman dalam suasana tradisi jawa yang dilengkapi dengan pemotongan nasi tumpeng di lokasi acara.[]

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS