27.4 C
Banda Aceh
spot_img

TERKINI

Lifter Asal Aceh Nurul Akmal Jadi Andalan Indonesia di SEA Games 2021

BANDA ACEH | ACEH INFO – Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 telah dikukuhkan. Terdapat 14 cabang olahraga (Cabor) yang diikuti wakil Indonesia—yang merupakan perpaduan kategori Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan non-DBON. Salah satunya adalah angkat besi.

Cabang olahraga ini menjadi salah satu andalan Indonesia untuk meraih medali di perhelatan SEA Games 2021 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam. Pasalnya beberapa lifter Indonesia kerap menyumbangkan sejumlah prestasi di kancah internasional. Terdapat 13 atlet angkat besi asal Indonesia yang diunggulkan dalam event olahraga tingkat Asia Tenggara ini, salah satunya berasal dari Aceh, Nurul Akmal.

Nurul Akmal pernah mencetak sejarah sebagai lifter putri pertama Indonesia, yang tampil pada kelas berat (+87Kg) Olimpiade Tokyo. Dalam debutnya, lifter asal Aceh tersebut masuk posisi lima besar kelas +87 kg dengan mencatatkan total angkatan 256 Kg, snatch 115 Kg dan clean and jerk 141 Kg.

Nurul Akmal merupakan warga desa Serba Jaman Tunong, Tanah Luar, Aceh Utara. Daru kecil dia kerap mengangkat karung padi yang berat untuk membantu keluarga. Aktivitasnya ini belakangan mendapat perhatian dari orang sekitar.

Usai SMP kisaran November 2009, Nurul Akmal yang saban hari mengangkat karung padi didatangi Effendi Erias, pelatih PABBSI Aceh. Saat itu, Effendi sedang mencari bibit-bibit angkat besi di Aceh, khususnya wanita.

Dari cerita Nurul Akmal, seperti dilansir cnnindonesia.com, akhirnya dia diajak Effendi untuk menjadi atlet angkat besi. Nurul bahkan dijamin mendapat fasilitas sekolah, asrama dan juga makan.

Awalnya, Nurul Akmal bingung menerima ajakan yang dinilai tidak lumrah dalam budaya Aceh tersebut. Keluarga Nurul Akmal pun khawatir lantaran tidak mengenal sosok Effendi. Namun, setelah diyakinkan, akhirnya Nurul Akmal dan keluarga setuju dengan ajakan Effendi untuk menjadi atlet angkat besi. Sejak itu, dia hijrah ke Banda Aceh untuk ikut latihan angkat besi di Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh.

Usai menjalani latihan yang keras dan disiplin, Nurul Akmal lolos di Olimpiade 2020 untuk kelas ringan. Sebelumnya dia juga pernah naik turun panggung kualifikasi Olimpiade sejak 2018. Beberapa negara sudah dikunjungi Nurul Akmal sejak menjadi atlet angkat besi, seperti China, Qatar, dan Turkmenistan.

Saat ini, Nurul Akmal menatap masa depannya dengan target meraih medali di cabor yang sama.

“Sekarang yang ada di depan adalah berbagai kejuaraan seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade 2024. Saya akan berusaha mempersembahkan yang terbaik di berbagai ajang kualifikasi dan kejuaraan serta nanti semoga bisa meraih prestasi lebih baik di Olimpiade 2024 dibanding sekarang,” kata Nurul Akmal seperti dilansir CNN Indonesia.

Selain Nurul Akmal, Indonesia juga memiliki nama besar di cabang olahraga ini. Dia adalah Windy Cantika yang menuai prestasi sebagai juara dunia angkat besi junior 2022 di Yunani.

Kehadiran 13 atlet angkat besi dari Indonesia tersebut diharap dapat menjawab tantangan yang diberikan Presiden Joko Widodo, dalam upacara pelepasan tim Indonesia menuju SEA Games 2021 Vietnam tahun 2022, di Istana Negara, Senin, 9 Mei 2022. Dia berharap Indonesia dapat menorehkan prestasi dengan raihan medali sebanyak-banyaknya meski jumlah kontingennya lebih ramping jika dibandingkan delegasi pada perhelatan sebelumnya.

Presiden Jokowi menargetkan Indonesia bisa meraih prestasi lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada SEA Games di Singapura 2015 lalu, Indonesia meraih peringkat kelima. Kemudian saat penyelenggaraan SEA Games di Malaysia, Indonesia juga menempati posisi kelima. Sedangkan saat SEA Games 2019 di Filipina, Indonesia meraih peringkat keempat.

“Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking ketiga, kedua, atau yang kesatu,” harap Jokowi.

Meski mengakui tidak mudah untuk meraih target prestasi yang diharapkan tersebut. Namun, melalui proses seleksi yang telah dilakukan dengan baik, ia berharap berbagai prestasi yang lebih tinggi dapat diraih.

“Memang bukan hal yang mudah. Tetapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas. Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, kontingen SEA Games ke-31 di Vietnam pada hari ini saya berangkatkan,” kata Jokowi.[]

EDITOR: BOY NASHRUDDIN AGUS

spot_img

Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

INDEKS